Implementasi Metode Qiyasiyah terhadap Kemampuan Santri dalam Memahami Kitab Al-Jurumiyah

Authors

  • Mochamad Mu’izzuddin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i01.1608

Keywords:

Metode Qiyasiy, Kemampuan Santri, Kitab Jurumiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode qiyȃsiy di Pesantren Ath-Thahiriyah, mengetahui kemampuan santri memahami Al-Jurumiyah,  mengetahui hubungan impementasi metode qiyȃsiy dengan kemampuan santri memahami kitab Al-Jurumiyah, dan mengetahui pengaruh implementasi metode qiyȃsiy terhadap kemampuan santri memahami  kitab Jurumiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey dengan pendekatan korelasional dan kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Pretest-Postest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh santri Pesantren Ath-Thahiriyah Lontar Baru Kota Serang Provinsi Banten yang berjumlah 30 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan tes. Data diolah melalui bantang SPSS versi 16,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode qiyȃsiy di pesantren Ath-Thahiriyah Lontar Baru dilaksanakan setiap kajian Al-Jurumiyah yang dinyatakan kategori nilai sering/baik dan nilai rerata persentasenya adalah 50,7%, kemampuan santri dalam memahami kitab Al-Jurumiyah menunjukkan nilai rerata 86,83, median 90,75, dan modus 98,59 yang dikategorikan sangat baik, tidak terdapat hubungan positif dan signifikan antara implementasi metode qiyȃsiy dengan kemampuan memahami kitab Jurumiyah sebesar 0,119, dan memberikan pengaruh positif dan signifikan antara implementasi metode qiyȃsiy dengan kemampuan memahami kitab Jurumiyah sebesar 8,20 dan besaran kontribusi variable X terhadap variabel Y sebesar 67,24 %, sisanya sekitar 32,76% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, Aliyah. “Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning.” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 6, no. 1 (2018). https://doi.org/10.23971/altarib.v6i1.966.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1995.
Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2009.
Hosnan, M. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Khithir, Mahmud Rusydi. Thuruq Tadris al-Lughah al-‘Arabiyyah wa al-Tarbiyah al-Diniyyah fi Dhau’i al-Ittijahat al-Haditsah. Kairo: Daar al-Ma’rifah, 1983.
Khush, Ahmad al-. al-Ghalayaini Nahwiyyu al-‘Ashr. Damaskus: al-Mathba’ah al-‘Ilmiyyah, 1988.
Masyhud, M. Sulthon, dan M. Khusnurridlo. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka, 2005.
Muhlis, Achmad. “Pengembangan Model Pembelajaran Qawaid Sharraf dengan Pendekatan Qiyasiyah di MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan.” NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam 13, no. 1 (2016). https://doi.org/10.19105/nuansa.v13i1.920.
Nafi’, M. Dian, Abd A’la, Hindun Anisah, Abdul Aziz, dan Abdul Muhaimin. Praksis Pembelajaran Pesantren. Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara, 2007.
Philips, June K. Building on Experence, Building for Succes. Lincolnwood: National Teks Book, 1979.
Richards, Jack C., dan Theodore S. Rodgers. Approaches and Methods in Language Teaching: A Description and Analysis. Cambridge University Press, 1986.
Sa’adah, Neli, dan Khasan Aedi. “Pengaruh Metode Deduktif dengan Menggunakan Media Kartu dalam Memahami Jumlah Fi’liyah (Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon).” El-Ibtikar 7, no. 2 (2018). https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3335.
Sodiq, Akhmad. Bahan Ajar PLPG: Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah, 2011.
Thu‘aimah, Rusydi Ahmad, dan Muhammad al-Sayyid Manna‘. Tadris al-‘Arabiyyah fii al-Ta‘liim al-‘Amm: Nazhariyyat wa Tajarib. Kairo: Daar al-Fikr al-‘Arabii, 2000.
Ushaili, ‘Abd al-‘Aziz ibn Ibrahim al-. al-Nazhariyyat al-Lughawiyyah wa al-Nafsiyyah wa Ta’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah. Riyadh: Maktabah al-Malik Fahd al-Wathaniyyah, 2000.
Wahab, Muhbib Abdul. Epistimologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah, 2008.

Downloads

Published

2019-09-17

How to Cite

Implementasi Metode Qiyasiyah terhadap Kemampuan Santri dalam Memahami Kitab Al-Jurumiyah. (2019). An Nabighoh, 21(01), 93-113. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i01.1608