Pengembangan Media Peta Keragaman Budaya Indonesia (PKBI) Pada Materi Persebaran Keragaman Budaya Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32332/50124153Keywords:
media, peta, budayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan peta keragaman budaya, mengetahui kelayakan, respon dan keefektifannya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran mengenai kekayaan budaya di Indonesia di kelas V UPDT SDN 14 Teluk Pandan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitaif dan analisis data kualitatif. Hasil validasi materi memperoleh skor persentase 81% dan validasi media memperoleh skor persentase 92% (sangat layak), Hasil uji kelompok kecil memperoleh skor persentase 95% dan hasil uji coba lapangan untuk mengetahui respon peserta didik memperoleh skor persentase 97% (sangat menarik). Hasil responden pendidik juga memperoleh rata-rata 97,5% (sangat menarik). Hasil uji coba produk membuktikan bahwa pengembangan produk ini efektif memaksimalkan hasil belajar peserta didik kelas V dengan nilai rata-rata sebesar 84,5. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan Media Peta Keragaman Budaya Indonesia (PKBI) Pada Materi Persebaran Keragaman Budaya Indonesia sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi tersebut.