Analisis Dampak Sosial Industri Tahu Terhadap Kualitas Air di Desa Sidomulyo Kecamatan Punggur

Analisis Dampak Industri Tahu Terhadap Kualitas Air Di Desa Sidomulyo Kecamatan Punggur

  • Azaria Nur Arifa Universitas Lampung
  • Dewi Ratnawati Institut agama islam negeri metro
Keywords: limbah cair kualitas air dampak sosial

Abstract

Industri tahu merupakan salah satu cabang industri yang bergerak dibidang pengolahan pangan berbahan dasar kedelai.Salah satu wilayah yang memproduksi tahu dengan jumlah yang cukup banyak adalah desa Sidomulyo. Dengan potensi sumber daya yang ada, wilayah ini mempunyai 25 industri tahu rumahan. Banyaknya jumlah industri tahu ternyata dapat mempengaruhi jumlah limbah yang dihasilkan, baik limbah padat maupun limbah cair. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penelitian kali ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak dari limbah cair industri tahu terhadap kualitas air di desa Sidomulyo Kecamatan Punggur dan untuk memberikan solusi terkait bagaimana upaya mengurangi pencemaran limbah yang dihasilkan dari produksi tahu. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengen pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, serta studi pustaka.Hasil dari penelitian menunjukkan 1) Kualitas air sungai yang terdampak mulai menurun seperti menimbulkan bau tidak sedap, berbuih, dan berubah warna menjadi kuning kehitaman, 2) Kualitas air sumur masyarakat sekitar juga ikut terdampak seperti berbau tidak sedap, dan berwarna sedikit keruh.Tidak hanya itu dampak lain yang dirasakan masyarakat seperti dampak ekonomi dan dampak kesehatan.Adapun solusi yang dapat ditawarkan yaitu meningkatkan kualitas air sungai dengan menggunakan eceng gondok atau biasa disebut dengan istilah fitoremediasi, dan pembuatan Instansi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

Published
2023-10-26
How to Cite
ARIFA, Azaria Nur; RATNAWATI, Dewi. Analisis Dampak Sosial Industri Tahu Terhadap Kualitas Air di Desa Sidomulyo Kecamatan Punggur. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 117-130, oct. 2023. ISSN 2722-7154. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/social-pedagogy/article/view/7827>. Date accessed: 13 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i2.7827.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.