Pengaruh Tokoh Pahlawan Nasional Dalam Pembelajaran Sejarah Terhadap Pembentukan Pendidikan Karakter Anak

Authors

  • Rivaldy Aprianto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Dyah Kumalasari Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i2.7716

Keywords:

Pendidikan Karakter, Pengaruh Pembelajaran Sejarah, Pembenetukan Karakter Anak.

Abstract

Penelitian ini berfokus terhadap pembentukan karakter pada peserta didik melalui pembelajaran dengan memperkenalkan tokoh-tokoh nasional sebagai penunjang untuk anak-anak meneladani perilaku tokoh pahlawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perubahan karakter pada anak melalui pembelajaran sejarah yang telah diterapkan pada proses pelaksanaan. Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi pustaka dengan cara pengumpulan data melalui pemahaman dari teori-teori dari berbagai literature. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter merupakan faktor pelopor utama dalam pengembangan moral manusia. Kehadiran pendidikan karakter telah menjadi wajah baru berdasarkan nilai-nilai yang terkandung, yang mempunyai pengaruh besar dalam tatanan kehidupan sehari-hari. Pembentukan pendidikan karakter telah berkembang sejak lama  di Indonesia, terutama diperkenalkan oleh Ki Hajar Dewantara melalui Taman Siswa. Proses  pendidikan karakter pribadi meliputi pengenalan etika berupa nilai-nilai moral luhur yang kemudian dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi pendidikan karakter yang dilakukan pemerintah Indonesia telah diintegrasikan ke dalam kegiatan pembelajaran di pendidikan Indonesia. Pendidikan karakter kolaboratif melalui pembelajaran sejarah merupakan salah satu proses pembentukan  karakter. Hal ini mengarah pada pengaruh  pahlawan nasional dengan memberikan kontribusi berupa nilai-nilai karakter yang dapat diterapkan dalam praktik khususnya pada anak-anak agar terhindar dari perilaku yang menyimpang dari standar yang berlaku saat ini.

Downloads

Published

2023-10-28