Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SMP IT Nurul Falah Bandar Lampung

Authors

  • Yoga Puspa Sari Universitas Islam An Nur Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i2.7639

Keywords:

Make a Match, Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran model make a match terhadap hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan Quasy Experimen. Jumlah populasi pada penelitian ini yaitu sebanyak 60 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu siswa kelas kelas IX-A dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group yaitu membagi kelas menjadi dua kelompok, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prosedur penelitian meliputi pretest, pemberian perlakuan, dan posttest. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu observasi, tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP IT Nurul Falah Bandar Lampung. Nilai signifikan pada Levene's Test for Equality of Variances adalah 0,252 yang berarti >0,05 dan pada nilai Equal variances assumed mempunyai taraf signifikan Sig. (2-tailed) = 0.000 yang artinya <0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPS siswa pada kelas IX A SMP IT Nurul Falah Bandar Lampung. Sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran IPS.

Downloads

Published

2023-10-28