Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPS

Authors

  • Lisa Nia Apriani IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Wisnu Hatami Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i2.7618

Keywords:

model pembelajaran, hasil belajar, make a match, picture and picture

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran make a match dan picture and picture ini terhadap hasil belajar IPS di kelas VII MTs NU Astanajapura Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian quasi eksperiment. Dengan jumlah responden 49 siswa yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eskperimen. Teknik pengumpulan yaitu dengan cara observasi, angket, soal pretest dan posttest serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prosentase, normalitas, homogenitas, dan uji independent sampel t-test dengan bantuan statistik SPSS Versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon kelas eksperimen terhadap penerapan model make a match dan picture and picture sebesar 75,9 %. Skor tersebut tergolong pada kategori “Baik Sekali” yang berada di antara 75% - 100%. Hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen yaitu sebesar 62,8% termasuk kategori “Cukup Efektif”. Sedangkan nilai rata-rata N-Gain score kelas kontrol yaitu sebesar 53,3% termasuk dalam kategori “Kurang Efektif”. Hasil uji independent sampel T-Tes diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,009 lebih kecil dari 0,05. Maka H0 ditolak Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran make a match dan picture and picture terhadap hasil belajar IPS di kelas VII MTs NU Astanajapura.

Kata Kunci : model pembelajaran; hasil belajar; ilmu pengetahuan sosial

Downloads

Published

2023-11-02