Relasi Kesetaraan Gender Pada Keaktifan Belajar IPS: Studi Analisis Pada Siswa SMP Wahidin Cirebon

Authors

  • Windy Rismayanti IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Ratna Puspitasari Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Euis Puspitasari Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i2.7534

Keywords:

Relasi Kesetaraan Gender, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan gender dengan keaktifan belajar baik siswa dengan siswi kelas VIII dalam mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi berlandaskan data di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi berdasarkan uji keabsahan data beserta keterkaitan pada literatur dengan menggunakan member check serta proses triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya guru tidak membedakan antara murid laki-laki dan perempuan ketika menyampaikan informasi untuk pembelajaran aktif di kelas. Siswa kelas VIII, bagaimanapun, sangat bervariasi satu sama lain. Di satu sisi, aktivitas siswa laki-laki seringkali mendorong pemikiran. Namun, ketika mengajukan pertanyaan kepada guru, murid perempuan lebih berterus terang. Namun, baik siswa maupun siswi yang berpartisipasi dalam keaktifan belajar tertarik dengan evaluasi guru terhadap model media pembelajaran yang berbeda dan permainan sebagai pengalihan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini berkaitan dengan kesetaraan gender peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Wahidin Kota Cirebon sudah cukup baik dengan hak dan kesempatan belajar  yang sama. Kemudian, keaktifan belajar siswa juga menyesuaikan suasana pembelajaran dengan dukungan kecakapan guru dalam melibatkan peserta didik.

Downloads

Published

2023-11-02