Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran IPS di MTs Negeri 3 Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v5i1.7507Keywords:
Kata Kunci: Nilai-Nilai Kearifan Lokal, Pembelajaran IPS, Karakter SiswaAbstract
Nilai-nilai kearifan lokal tidak hanya berperan penting dalam lingkungan masyarakat akan tetapi nilai-nilai kearifan lokal juga merupakan hal yang penting dalam pendidikan, salah satunya untuk pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran IPS Di MTs Negeri 3 Cirebon Metode penelitian yang digunakan deksripsi Kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan kesiswaan, guru, dan siswa. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif analisis. Hasil penelitian ini 1. internalisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran IPS di MTs negeri 3 Cirebon terjadi pada saat pembelajaran dan di luar pembelajaran, seperti guru memberitahui nilai-nilai kearifan lokal dan juga guru menerapkannya dalam pembelajaran, 2.pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS Di MTs Negeri 3 Cirebon terjadi ketika guru menyuruh mengaji sebelum masuk kelas, menyuruh siswa memasukan baju dari hal tersebut terlihat guru dalam menanmkan pendidikan karakter ke siswa. 3. Internalisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam membentuk karater siswa dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri 3 Cirebon sudah berjalan dengan baik. terlihat nilai-nilai kearifan local sangat berpengaruh terhadap karakter siswa.