Hubungan Kreativitas dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Ekonomi di SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i1.6784Keywords:
hasil belajar, kreativitas, motivasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel kreativitas dan motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 107 peserta didik dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 didik. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kreativitas dan motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi pada peserta didik kelas X Semester Genap SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 dengan kriteria uji jika r_xy = 0 dikatakan tidak ada hubungan antara X dan Y, sedangkan jika r_xy = 0 tidak ada hubungan antara X dan Y, sedangkan jika r_xy 0 maka ada hubungan antara X dan Y. Hasil analisis data diperoleh r_xy = 0,986, maka terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dan motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi pada peserta didik kelas X Semester Genap SMK Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Dengan demikian, kreativitas mempunyai hubungan yang erat terhadap hasil belajar peserta didik, sebab anak yang kreatif selalu memiliki minat belajar yang tinggi, rasa percaya diri serta tidak mudah putus asa, selalu kreatif dalam belajar untuk memperoleh prestasi belajar yang memuaskan.