PENGARUH STRATEGI ACTIVE THE LEARNING CELL BERBANTUAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 1 GEMPOL KABUPATEN CIREBON
Pengaruh Strategi Active The Learning Cell Berbantuan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar IPS Di Smp Negeri 1 Gempol Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i2.5452Keywords:
pengaruhAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Ilmu pengetahuan Sosial siswa apabila diterapkan strategi pembelajaran active the learning cell berbantuan media kartu pada kelas VII di SMP Negeri 1 Gempol Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 64 siswa terdiri dari kelas VII A sampai VII G. Pengambilan sampel ditetapkan dengan menggunakan purposive sampling dan yang terpilih yaitu VII A (sebagai kelas kontrol) dan kelas VII B (sebagai kelas eksperimen). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen angket yang mencangkup bagaimana penerapan langkah – langkah strategi active the learning cell berbantuan media kartu, beserta instrumen penelitian pre test dan post test untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diketahui pada penyebaran angket penerapan strategi active the learning cell mendapatkan skor rata – rata sebesar 91,75 %. Adapun skor 91,75 % berada kriteria “sangat baik”. dengan begitu penerapan langkah – langkah strategi active the learning cell berbantuan media kartu berjalan dengan sangat baik. Adapun nilai rata – rata pre test kelas eksperimen sebelum dilakuan perlakuan sebesar 47,97 dan nilai post test rata – rata kelas eskperimen setelah diberikan perlakuan sebesar 81,97. Adapun perolehan nilai rata – rata kelas kontrol sebesar 49,03 dan perolehan rata – rata nilai post test kelas kontrol sebesar 73,66. Dengan demikian jika dilihat dari nilai post test dari kedua kelasersebut, maka pada kelas eksperimen dengan menggunakan strategi active the learning cell lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Dan berdasarkan hasil uji paired sample t test untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa mmperoleh hasil nilai sig sebesar 000,0 < 0,05 maka Ha di tolak dan H0 di terima. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dari kedua kelas tersebut. Artinya terdapat pengaruh hasil belajar dengan menggunaka strategi active the learning cell