UPAYA GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM KEBUMEN
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4993Keywords:
Upaya Guru, Kenakalan, Peserta DidikAbstract
Tujuan yang ingin dicapaiii dari iipenelitian iiiniii iiadalahi untukii iimengetahuiii iiupayai guru dalam iimengatasiii iikenakalanii pesertaii iididikii iidiii iiSMPii iiIslamii iiKebumenii iikecamatanii sumberejoii iikabupatenii iitanggamus. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik SMP Islam Kebumen, metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa upaya guru di SMP Islam Kebumen dalam mengatasi kenakalan peserta didik telah menggunakan usaha preventif (pencegahan), represif (pembinaan) dan Kuratif (menanggulangi). Selain dengan usaha tersebut guru di SMP Islam juga memberikan punishment (hukuman) kepada peserta didik yang melakukan kenakalan, akan tetapi punishment yang diberikan adalah punishment yang bersifat mendidik, bahwa upaya guru dalam mengatasi kenakalan peserta didik sudah baik akan tetapi perlu ditingkatkan lagi agar peserta didik tidak lagi mengulangi kenakalan-kenakalannya, hal ini terbukti dengan telah diterapkannya program membaca Al-qur’an disetiap pagi sebelum pembelajaran dilaksanakan, dengan adanya program ini diharapkan peserta didik memiliki jiwa al-qur’an yang dapat menjadikan peserta didik berbudi luhur sesuai ajaran Al-qu’an.