Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Serta Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Deri Ciciria STKIP PGRI Bandar Lampung, Indonesia
  • Fikry Ulan Sari Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Khoirun Khoirun Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Sumiyati Sumiyati Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia
  • Tubagus Ali Rachman Puja Kesuma Institut Agama Islam Negeri Metro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4318

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam membimbing serta mengatasi kesulitan belajar anak di tengah pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran orang tua dalam Pembelajaran jarak jauh atau daring sangatlah penting, karena dalam pembelajaran daring ini anak  lebih banyak berinteraksi dengan orang tua, sehingga orang tua memiliki peranan besar dalam proses pembelajaran daring ini. Dalam pembelajaran daring ini orang tua juga kerap kali mengalami kendala seperti tidak memiliki gadget/Hp yang memadai, sinyal internet yang kurang lancar,  terbatasnya biaya untuk membeli pulsa, dan masih banyak lagi. Tetapi di samping itu semua banyak dari orang tua yang mengusahakan kenyamanan anak dalam pembelajaran daring ini.

Published

2021-12-30