UPAYA PENINGKATAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN SD NEGERI 9 NAMANG KABUPATEN BANGKA TENGAH

Authors

  • Sampirni Sampirni SD Negeri 9 Namang Kabupaten Bangka Tengah

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v2i2.3519

Keywords:

Peningkatan Pengunjung Upaya Perpustakaan ideal Perpustakan SD

Abstract

Upaya peningkatan mutu atau kualitas sumber daya manusia sangat diperlukan agar mampu bersaing di era globalisasi. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan yaitu dengan memenuhi sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah yaitu dengan mendirikan perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah berfungsi untuk memenuhi kebutuhan ilmu bagi siswa, masyarakat sekitar atau pengguna jasa perpustakaan yang membutuhkan suatu informasi mengenai ilmu pengetahuan ataupun hal-hal yang dibutuhkan oleh pengguna.

                Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah perpustakaan pada SD 9 Negeri 9 Namang sudah bisa dikatakan ideal dan apa saja upaya yang sudah dilakukan SD 9 Namang untuk meningkatkan pengunjung perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bersifat diskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari obyek penelitian dan data sekunder yaitu yang tidak secara langsung diperoleh dari obyek yang diteliti. Adapun data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi.

          Hasil dari penelitian yang dilakukan di SD Negeri 9 Namang yaitu perpustakaan SD 9 Namang sudah bisa dikatakan ideal. Hal ini terbukti dari beberapa pertanyaan yang diajukan hampir 75% memiliki jawaban positif untuk menunjukkan perpustakaan yang ideal. Selain itu Kepala sekolah SD 9 Negeri Namang juga selalu berupaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan, baik dari segi varian koleksi buku yang didapatkan dari DAK buku maupun menyediakan anggaran untuk buku perpustakaan serta mengumpulkan buku sumbangan dari masyarakat/ wali siswa baik buku bekas ataupun baru. Interior dan sarana prasarana yang ada di dalam perpustakaan juga menjadi perhatian khusus kepala sekolah SD Negeri 9 Namang.

Downloads

Published

2021-07-10