Peran Pendidikan IPS Dalam Pembentukan Perilaku Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Era Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v1i2.2745Abstract
Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan IPS dalam pembentukan perilaku sosial dan tanggung jawab sosial di era abad 21. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kepustakaan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam membentuk perilaku sosial dan tanggung jawab sosial pada diri siswa pada mata pelajaran IPS dapat dikembangkan melalui kompetensi personal, kompetensi sosial dan kompetensi intelektual. 2) Kompetensi sosial yang dikembangkan ialah kesadaran dirinya sebagai anggota masyarakat sehingga perlu saling menghormati dan menghargai; toleransi, pemahaman dan kesadaran atas kesantunan hidup bermasyarakat dan berbangsa; kemampuan berkomunikasi dan kerjasama antara sesama; sikap prososial; kemampuan dan kepedulian sosial pada lingkungan; memperkokoh semangat kebangsaan, pemahaman tentang perbedaan dan kesederajatan. Kajian ini pada akhirnya setelah keterampilan sosial dan kompetensi sosial dikembangkan pada mata pelajaran IPS maka perilaku sosial dan tanggung jawab sosial pada diri siswa dapat terbentuk dengan baik.