Tinjauan Aspek Afektif dalam Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v6i2.11521Keywords:
pendidikan kewarganegaraan, aspek afektif, taksonomi, domain afektifAbstract
Pendidikan kewarganegraan bertujuan untuk menciptakan warga negara yang berperan aktif dalam berbagai aspek kehidupan sosial bermasayarakat sehingga salah satu kompetensi yang harus dicapai yaitu aspek afektif (sikap). Penelitian ini penting untuk dilakukan agar pendidik mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya berfokus pada pengajaran dan evaluasi aspek kognitif dan psikomotorik saja tetapi juga merancang pembelajaran dan evaluasi aspek afektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sejauh ini perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pendidikan kewarganegaraan di Indonesia hanya berfokus pada ranah kognitif dan seringkali ranah penilaian aspek afektif terabaikan. Pendidik dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran dalam pendidikan kewarganegaraan berdasarkan taksonomi domain afektif sehingga aspek sikap dalam pendidikan kewarganegaraan dapat tercapai. Taksonomi domain afektif terdiri dari menerima, menanggapi, menghargai, pengorganisian, dan karakterisasi berdasarkan nilai atau kumpulan nilai.
References
Adi, N., Sulastri, S., Syahril, S., & Febrianti, S. (2023). Penyusunan asesmen projek penguatan profil pelajar pancasila ( P5 ) pada kurikulum merdeka bagi guru sekolah dasar. JRTI(Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(3), 327–333. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/30033401000
Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari, E. (2017). TEKNIK PENILAIAN DIRI BERBASIS GOOGLE FORMPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 12(1), 482–491.
Alanur, S. N., Jamaludin, & Amus, S. (2023). Analisis profil pelajar pancasila dalam buku teks pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 179–190. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5787
Amboro, K., Kuswono, K., Karsiwan, K., & Afwan, B. (2023). Buku Panduan Pembelajaran Berbasis PjBL dan PBL dengan tema "Sejarah Lokal dan Cagar Budaya untuk Kurikulum Merdeka (B. Afwan (ed.); 1 ed.). Laduny Alifatama.
Anggraena, Y. dkk. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (1 ed., Vol. 1, Nomor 1). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan: Kemendikbudristek.
Arthur, J., & Cremin, H. (2012). Debates in Citizenship Education. Routledge.
Astuti1, N. P. E., Margunayasa, I. G., Suarni, N. K., Wirawan, I. P. H., & Sulastra, P. (2024). Permasalahan Asesmen Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 22–32. https://doi.org/https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2954
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Ilmu Pengetahuan Sosial Fase D: Untuk Kelas VII – IX SMP/MTs/Program Paket B. Kemendikbudristek.
Karsiwan, K., Sari, L. R., Lisdiana, A., & Hamer, W. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Lampung. Journal of Social Science Education, 4(1), 39–52. https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v4i1
Karsiwan, K., Wardani, W., Lisdiana, A., Purwasih, A., Hamer, W., & Retno Sari, L. (2023). Sosialisasi Materi Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Bagi Guru di Kota Metro Lampung. Malaqbiq: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.46870/jam.v2i1.513
Kerr, D. (2002). 8. An international review of citizenship in the curriculum: the tea national case studies and the inca archive. In International Perspectives on Education and Society (Vol. 5). https://doi.org/10.1016/s1479-3679(02)80011-1
Khoiriyaningsih, Prahara, Y. D., & Afriansyah, A. (2023). Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas IX. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Dikeluarkan.
Marniati, N. (2018). Implementasi Penilaian Afektif dalam Pembelajaran PPKn. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 1(1), 111–119.
Maslahah, W., Rofiah, L., & Makrifah, D. (2022). Pembelajaran IPS dalam Manifestasi Keterampilan Abad 21 di MTs Nurul Huda Bantur Malang. ENVITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 69–182.
Miles, M. G., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Analisis Data Kualiatif (The Third). Arizona State University.
Ramadhani, N., & Shaleh. (2024). Penilaian Afektif Guru Pada Siswa Dalam Pembelajaran. Awwaliyah: Jurnal PGMI Volume, 7(2), 284–296.
Ratnawati, D., & Karsiwan, K. (2024). Eksistensi Permainan Tradisional Tamtam Buku dalam Membentuk Keterampilan Sosial. Journal, Aceh Anthropological, 8(1), 80–96. https://doi.org/10.29103/aaj.v8i1.15874
Riyanti, D., Purwantiningsih, A., & Manik, T. S. (2023). PENILAIAN AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN PPKN TINGKAT SMA: PERSEPSI DAN IMPLEMENTASI GURU. Jurnal Civic Hukum, 8(November), 137–150. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v8i2.26325
Samsuri, A. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK (PROJECT BASED LEARNING) PADA PELAJARAN IPS DIMASA PANDEMI (Studi Kasus). Skripsi, April, 1–80. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14851
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1941–1954.
Setiawati, T., Setiawan, T., Prayogo, & Sapei, M. (2023). Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Dikeluarkan.
Shodiq, S. F. (2021). Pengaruh Kepekaan Sosial terhadap Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat. Jurnal Basicedu, 5(6), 5648–5659. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1698
Siadari, R. M. (2018). PKn Sebagai Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Untuk Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 591–593.
Suryatna, Y., Sumartini, A. T., Sari, D. P., & Ningrum, D. I. M. (2023). Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Dikeluarkan.
Suyadi. (2004). Domain Afektif, Aspek Terlupakan dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Tarjih, 7.
Tusriyanto, T., & Karsiwan, K. (2021). Sepenggal Pemikiran John Dewey Tentang Demokrasi. Social Pedagogy: Journal of Social Science, 2(2), 204–216. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v3i1.4321
Veugelers, W. (2024). Moral and Political Dimensions of Critical-Democratic Citizenship Education: Enhancing Social Justice , a Global Orientation , and Equity in Schools and Society. Brill.
Veugelers, W., & Samsusi. (2023). Teori dan Praktik Pendidikan Kewarganegaraan. Penerbit Ombak.
Widiyani, P. N., & Karsiwan, K. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kepekaan Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTs Nurul Iman. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 8(2), 16–24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurlatifa, Lianda Dewi Sartika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.