Persepsi Guru terhadap Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Bahtiar Afwan Universitas Lampung
  • Agung Dian Putra Universitas Lampung
  • Navil Alfarisi Abbas Universitas Lampung
  • Ulul Azmi Muhammad Universitas Lampung
  • Muhammad Rijal Fadli Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v6i2.11519

Keywords:

guru, pembelajaran sejarah, deep learning, persepsi

Abstract

Pembelajaran sejarah memiliki peran strategis dalam membekali siswa dengan pemahaman peristiwa masa lalu serta kemampuan berpikir kritis untuk menganalisis keterkaitannya dengan kondisi sosial, politik, dan ekonomi masa kini. Seiring perkembangan teknologi, integrasi kecerdasan buatan (AI) mendorong penerapan pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam dan kontekstual. Salah satu pendekatan yang relevan adalah deep learning, yang menekankan pemahaman konseptual, aplikatif, dan reflektif, bukan sekadar hafalan fakta. Penelitian ini bertujuan menggali persepsi guru terhadap penerapan deep learning dalam pembelajaran sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, melibatkan 20 guru sejarah di Bandar Lampung yang memiliki pengalaman dalam mengimplementasikan deep learning. Data dikumpulkan melalui kuesioner terbuka, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data diperkuat melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap penerapan deep learning karena dianggap mampu meningkatkan pemahaman mendalam, keterampilan berpikir kritis, serta keterkaitan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa. Kendati demikian, implementasi masih menghadapi kendala berupa keterbatasan pemahaman teknis, minimnya pelatihan, serta belum optimalnya pemanfaatan teknologi dan pembentukan karakter. Oleh karena itu, penelitian ini menegaskan pentingnya dukungan institusional, pelatihan guru, serta pengembangan kurikulum untuk memaksimalkan penerapan deep learning dalam pembelajaran sejarah.

References

Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah Di Era Digital. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 1(1), 9.

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Dewi, F. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik Vol. 9, No. 2, Januari 2015, 1–15. https://doi.org/10.1037/10522-098

Fahrudin. (2024). EDUKASI SEJARAH 4.0: PENGGUNAAN TEKNOLOGI AI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Karmawibangga: Historical Studies Journal, 6(1), 19–28.

Fatmawati, I. (2025). Transformasi Pembelajaran Sejarah dengan Deep Learning Berbasis Digital untuk Gen Z. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 5(1), 182–188. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p182-188

Firmansyah, H. (2025). Pengaruh Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Sejarah terhadap Berpikir Sejarah Peserta didik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(3).

Fitroh, I. (2025). Deep Learning: Strategi Inovatif dalam Penguatan Literasi Sejarah Peserta Didik. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(3), 1973–1979. https://jpion.org/index.php/jpi1973Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi

Hasibuan, R. H., & Hanida, R. S. (2023). Inovasi Metode Pembelajaran Pendidikan Sejarah untuk Generasi Milenial. KEGURUAN: Jurnal Penelitian, Pemikiran, Dan Pengabdian, 11(1).

Hidayanti, P. N. (2021). Literasi Digital: Urgensi dan Tantangan dalam Pembelajaran Sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 10(2), 155–162. https://doi.org/10.17509/factum.v10i2.39203

Juarminson, E. (2024). PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM DEEP LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH. Jurnal Edu Research: Indonesian Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS), 6(1).

Karisma Putri, S., & Ihsan Najib, M. (2025). Mengintegrasikan Teknologi dalam Pembelajaran: Tantangan dan Peluang. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2). https://jpion.org/index.php/jpi560Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi

Manik, S. M., Ritonga, M. U., & Hadi, W. (2025). Integrating Deep Learning Into School Curriculum: Challenges, Strategies, and Future Directions. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 3(1), 29–44. https://doi.org/10.62007/joupi.v3i1.415

Maulidan, A. C., & Tarunasena. (2025). Peranan Pembelajaran Sejarah Sebagai Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Visi Sosial Humaniora (VSH), 5(1).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia.

Muwaffaq, (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN: MENGHADAPI TANTANGAN GURU DI ERA SOCIETY 5.0.

Nasir, R., & Maknun, C. L. (2022). REFLEKSI PENILAIAN KONTRIBUSI PADA TEAM-BASED PROJECT SECARA DARING. Aksioma, 11(1), 48–56. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jax

Nurharis Jayatri, S., & Safitri, D. (2025). Tantangan dan Peluang Penggunaan Deep Learning Dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. ARIMA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(4), 30–43. https://doi.org/10.62017/arima

Nurjanah, S., & Suryadi, A. (2025). Analysis of Teachers’ Readiness in Implementing the Deep Learning Approach in History Instruction for Grade X at Sint Louis Senior High School. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 6(3), 943–953. http://journal.al-matani.com/index.php/jkip/index

San Mikael Sinambela, Joy Novi Yanti Lumbantobing, Mima Defliyanti Saragih, Al Firman Mangunsong, Chairun Nisa, Johan Pardamean Simanjuntak, & Jamaludin Jamaludin. (2024). Kesenjangan Digital dalam Dunia Pendidikan Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 15–24. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3003

Sariyatun, Joebagio, H., & Akhyar, M. (2018). Teachers’ perception on digital teaching material development in social science education. Journal of Turkish Science Education, 15(Special Issue), 13–21. https://doi.org/10.12973/tused.10252a

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 1–9.

Sumintho. (2023). Pembelajaran Sejarah di Era Digital: Antara tantangan dan Peluang. Journal of Education and Learning Sciences, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.56404/jels.v3i1.39

Downloads

Published

2025-10-11