Makna Subjektif Bermain Game Online Free Fire pada Anak di Desa Pasirjaya: Sebuah Pendekatan Fenomenologis

Authors

  • wildan mujaddid husni universitas kh abdul chalim
  • Imam Safi’i Universitas Kh Abdul Chalim

DOI:

https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v6n1.10581

Keywords:

perilaku anak, game online, fenomenologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami perilaku pengguna game online Free Fire pada anak-anak di Desa Pasirjaya, Karawang, melalui pendekatan fenomenologi. Maraknya penggunaan game online oleh anak-anak menimbulkan berbagai fenomena sosial, mulai dari perubahan pola interaksi sosial hingga pengaruh terhadap keseharian mereka. Dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi, penelitian ini menggali pengalaman subyektif lima anak pengguna aktif game Free Fire melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game Free Fire bukan hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga membentuk identitas sosial, meningkatkan rasa percaya diri, dan menciptakan komunitas virtual yang memberi rasa memiliki. Namun, di sisi lain, ditemukan pula indikasi perilaku adiktif, pengabaian terhadap aktivitas belajar, dan perubahan sikap terhadap lingkungan sekitar. Anak-anak cenderung meniru karakter dalam game, serta menunjukkan emosi yang fluktuatif saat bermain. Penelitian ini menekankan pentingnya peran orang tua dan lingkungan dalam mengarahkan dan mendampingi aktivitas bermain game agar tidak berdampak negatif pada perkembangan anak. Dengan memahami pengalaman subyektif anak, diharapkan dapat menjadi masukan bagi orang tua, pendidik, dan pembuat kebijakan dalam merancang pendekatan edukatif dan preventif.

Downloads

Published

2025-06-18