Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Materi kegiatan Ekonomi Kelas X.1 SMA Negeri 3 Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v6n1.10352Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran interaktif dan rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respons peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi pada materi kegiatan ekonomi di kelas X.1 SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinilai sangat layak oleh ahli bahasa (90%), ahli materi (96,36%), dan ahli media (92%). Selain itu, respons peserta didik dalam uji coba lapangan menunjukkan persentase sebesar 86% dengan kategori “sangat layak”. Temuan ini menunjukkan bahwa video animasi merupakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan ketertarikan dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran ekonomi.