Penerapan Model pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Media Komik mini Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32332/social-pedagogy.v6n1.10297Keywords:
Keterampilan Berpikir Kritis, Quantum Learning, Komik MiniAbstract
Studi ini bertujuan untuk menganalisis penerapan dan efektivitas model pembelajaran Quantum Learning yang menggunakan media pembelajaran komik mini dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Brumbungan Lor pada mata pelajaran IPAS. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa kelas IV. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS dilakukan dengan penerapan model Quantum Learning yang didukung oleh media komik mini. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam hasil belajar nilai tes dan nontes siswa. Pembelajaran dengan model Quantum Learning yang didukung media komik mini di kelas IV, yang melibatkan 17 siswa, dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus I, 7 dari 17 siswa memiliki rata-rata nilai di bawah 70%, sehingga rata-rata hasil belajar siswa kelas IV mencapai 64,1%. Rata-rata ini meningkat pada siklus II menjadi 80,8%, di mana hasil tersebut sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Dalam aspek keterampilan berpikir kritis, persentase peningkatan pada siklus I pertemuan pertama adalah 66,56%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,2%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning dengan media komik mini efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, sehingga direkomendasikan untuk diimplementasikan sebagai alternatif pembelajaran yang menarik dan memberdayakan kemampuan analitis.