Mendesain Pengelolaan Kelas di Perguruan Tinggi : Studi Kasus di IAI Darussalam Martapura Kalimantan Selatan

Penulis

  • Nurul Aini IAI Darussalam Martapura, Indonesia
  • M. Miftah Arief IAI Darussalam Martapura, Indonesia
  • M. Kholis Amrullah

DOI:

https://doi.org/10.32332/riayah.v7i2.5405

Kata Kunci:

Class Design, Class Management, College

Abstrak

Dosen yang baru mengajar di kelas perguruan tinggi biasanya akan beradaptasi terlebih dahulu pada kelas. Apalagi dosen yang baru menyelesaikan perkuliahannya di jenjang S2. Di IAI Darussalam Martapura memiliki banyak dosen muda yang baru bergabung dan memulai pembelajaran. Sehingga keadaan ini dapat dijadikan sebagai subjek dna objek penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pengambilan data melalui wawancara dan observasi yang dilakukan secara insidental. Salah satu dari hasil studi ini adalah keterlibatan dosen baik secara intelektual maupun emosional menjadi faktor yang sangat menonjol untuk menciptakan kondisi lingkungan belajar di dalam kelas yang kondusif.

Referensi

Amrullah, M. K., & Islamy, M. I. (2020). Perencanaan penelitian : perjalanan sistematis penemuan teori (Ani Cahyadi (ed.)). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Arief, M. M. (2020). Pendidikan Pengembangan Diri Melalui Pembiasaan: Optimalisasi Pendidikan Pembiasaan & Psikologi Perkembangan. Literasi Nusantara.
Asri, Y. N. (2018). HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA PADA KINERJA DOSEN TERHADAP TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA. AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 2(2), 129–136. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.394
Astuti, C. C. (2017). Analisis Korelasi untuk Mengetahui Keeratan Hubungan antara Keaktifan Mahasiswa dengan Hasil Belajar Akhir. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 1. https://doi.org/10.21070/jicte.v1i1.1185
Damayanti, G., Andarwulan, T., & Aswadi, A. (2019). MEKANISME EUFEMISME DAN SENSORISASI: KEKERASAN SIMBOLIK DALAM TUTURAN DOSEN. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(2), 223. https://doi.org/10.26858/retorika.v12i2.9101
Fachri, M., Mubarak, A. F., & Subairi, S. (2021). MANAJEMEN KEMAHASISWAAN DALAM MENCIPTAKAN PERGURUAN TINGGI UNGGUL. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 3(1), 96–106. https://doi.org/10.52627/ijeam.v3i1.118
Firmansyah, M. H. (2021). PENDEKATAN HUMANISTIK PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 LUMAJANG. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 7(2), 59–67. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v7i2.628
Gunawan, I. M. S. (2020). Meningkatkan Kejujuran Akademik Mahasiswa Melalui Konseling Kelompok Values Clarification. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 48. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2313
Harto, K. (2018). TANTANGAN DOSEN PTKI DI ERA INDUSTRI 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159
Idris, I. (2020). KAJIAN KEBIJAKAN PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DAN DOSEN DI INDONESIA. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 41–52. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i2.57
Khusnul, N. R. I., & Suharyadi, A. (2021). Strategi Dosen Dalam Manajemen E-Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 34–48. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p34-48
Kusnan, K. (2018). Kebijakan Mutu Peningkatan Dosen. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2). https://doi.org/10.30984/jii.v11i2.585
Leavy, P. (2017). Research design: Quantitative, qualitative, mixed methods, arts-based, and community-based participatory research approaches.
Maslukiyah, N., & Rumondor, P. (2020). Implementasi Konsep Belajar Humanistik pada Siswa dengan Tahap Operasional Formal di SMK Miftahul Khair. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 25(1), 97–110. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss1.art8
Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378–390. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145
Nugraha, M. (2018). MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Pattynama, P. C., Sahrani, R., & Heng, P. H. (2019). PERAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DAN KETERLIBATAN AKADEMIK TERHADAP INTENSI MENGUNDURKAN DIRI DENGAN RESILIENSI SEBAGAI MEDIATOR. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(2), 307. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.5629
Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.380
Saptaria, L., & Setyawan, W. H. (2021). DESAIN PEMBELAJARAN TECHNOPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNISKA KEDIRI. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 77–89. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.880
Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 122. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8113
Seri Hartati, Amir Syamsuadi, & Luluk Elvitaria. (2021). Keterlibatan Mahasiswa dan Akademisi dalam Pengabdian Masyarakat Menghadapi Pandemi Covid-19. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 474–480. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5307
Sultoni, S., Gunawan, I., & Pratiwi, F. D. (2018). Perbedaan Motivasi Belajar Mahasiswa antara Sebelum dan Sesudah Mengikuti Pelatihan Motivasional. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 115–119. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p115
Widiantoro, D., Nugroho, S., & Arief, Y. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dari Dosen Dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.649

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-04

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama