PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU LULUSAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI KABUPATEN

Penulis

  • Andi Warisno

Kata Kunci:

Islamic Education Institutions, Human Resources, Quality Improvement of Graduates.

Abstrak

Problema yang dihadapi madrasah saat ini, adalah masih adanya permasalahan-perma­salahan internal yang sangat fundamental, pada seluruh sistem kepen­didikannya, terutama sistem manajemen dan etos kerja yang rendah, kualitas dan kuantitas Pendidik yang kurang memadai, kurikulum yang tidak efektif, dan sarana fisik serta fasilitas yang masih belum cukup. Karena faktor-faktor tersebut menjadikan madrasah kurang mendapat respon dari masyarakat,sehingga eksistensinya menjadi termarginalkan dari dunia pendidikan.Meskipun banyak persoalan yang muncul dari penyelenggaraan sistem pendidikan Islam di madrasah sebagaimana tersebut di atas, ada beberapa lembaga pendidikan Islam (madrasah) di Lampung Selatan yang ternyata dapat dianggap unggul dan mampu bersaing dengan lembaga sekolah maju lain­nya, bahkan beberapa madrasah tersebut banyak diminati oleh masyarakat meski berstatus swasta yaitu MTs Mathla’ul Anwar Cintamulya, MTs. Hidayatul Mubtadii Jati Agung dan MTs. Al Ishlah Sukadamai Natar. Penelitian di tiga lembaga madrasah, penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu, bahwa pertama, Pengembangan sumber daya Pendidik didasarkan pada Evaluasi diri dan analisis kebutuhan;penyusunan program;pelaksanaan program; Melakukan Evaluasi pelaksanaan; Target pencapaian; dan Orientasi pengembangan sumberdaya Pendidik bagi madrasah. Kedua, Strategi pengembangan SDM Pendidik dimulai dari proses “buy” (rekrutmen) dan “make” (pembinaan/pengembangan). Ketiga, Bentuk kegiatan dalam rangka pembinaan/pengembangan SDM Pendidik dilakukan dengan benar dan sistematis sesuai standar mutu. Begitu pula dengan pengembangan sumber daya Kependidikan (pegawai) dilakukan dengan : perencanaan, latihan dan pengembangan, penilaian persentasi kerja, pemberian imbalan/perencanaan karier pegawai. Adapun  strategi pengembangan SDM pegawai hampir sama dengan Pendidik, yakni dimulai dari proses “buy” (rekrutmen) dan “make” (pembinaan/pengembangan), yang selanjutnya  pembinaan dilakukan dengan benar dan sistematis sesuai standar mutu.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pulapeningkatan  mutu lulusan dapat tercapai jika SDM (Pendidik dan tenaga Kependidikan) dioptimalkan melalui manajemen yang andal.

Diterbitkan

2019-01-22