Factors Affecting Student Views Of Afghanistan And Thailand About Islamic Education Curriculum Content In Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim Semarang

Penulis

  • Nur Setyaningrum

Kata Kunci:

Islamic boarding school, curriculum content

Abstrak

Makalah ini menjelaskan analisis faktor-faktor yang menyebabkan pandangan mereka yang berbeda dan mahasiswa Afghanistan Thailand di Universitas Wahid Hasyim tentang isi kurikulum di Pondok Pesantren Luhur Wahid Hasyim (PPLWH) Semarang. Latar belakang pekerjaan ini, pertama, para siswa Afghanistan untuk melawan ketidaksediaan dan ketidakikutsertaan pada pendidikan non-formal di PPLWH. Salah satu alasan masalah karena isi kurikulum yang disajikan terlalu padat. Kedua, di sisi lain ada keunikan, siswa menunjukkan Thailand. Yakni, adanya kondisi lingkungan belajar siswa Thailand yang tidak stabil dan beragam masalah serta fakta negatif, justru memperkuat reaksi mereka terhadap pembelajaran melalui pendidikan pesantren yang ditawarkan di Universitas Wahid Hasyim. Pandangan kedua tentang jenis siswa pada konten kurikulum pesantren Indonesia sangat penting, salah satunya di Pondok Wahid Hasyim. Ini karena Universitas Wahid Hasyim adalah Universitas Nahdlatul 'Ulama di Indonesia yang menerapkan sistem pesantren. Alasan lain untuk dua jenis siswa ini memiliki latar belakang budaya yang berbeda (Timur Tengah dan Asia Tenggara) tetapi masih dalam satu ideologi, Islam.

Diterbitkan

2018-08-05