Model Accelerated Learning untuk Peningkatan Kompetensi Fiqh pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.32332/riayah.v7i1.4592Abstract
Model pembelajaran Accelerated Learning merupakan model pembelajaran yang menciptakan suasana menyenangkan sekaligus memberikan hasil belajar yang memuaskan. Konsep dasar dari pembelajaran ini adalah pembelajaran yang cepat, menyenangkan dan memuaskan. Dalam Pembelajaran Akselerasi, guru menggunakan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI). Untuk mengelola kelas dalam empat tahap pembelajaran, Teknik Persiapan, Penyampaian, Pelatihan, dan Penampilan Hasil dengan Konsep Religius. Melalui penggunaan metodologi R&D di Kota Banda Lampung, Provinsi Lampung, Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP), model pembelajaran Accelerated Learning di ujicobakan. Model Pembelajaran Accelerated Learning diujicobakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan fokus pada aspek fikih untuk melihat keberhasilan model dalam meningkatkan kemampuan fikih siswa yaitu kemampuan kognitif dan psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan dalam proses pengembangan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran akselerasi menunjukkan hasil belajar yang signifikan. Diantaranya, rata-rata prestasi belajar setelah penerapan model Accelerated Learning selalu lebih besar dari nilai sebelumnya. Nilai t-test hitung untuk setiap percobaan selalu lebih besar dari t-tabel, sehingga validitas model teruji dengan baik. Hal ini juga terlihat dengan meningkatnya aktivitas dalam proses pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif, berpikiran terbuka dan berani menjelaskan apa yang telah dipelajari di kelas, dan siswa juga lebih mampu beribadah lebih baik dari sebelumnya.
Downloads
References
Cahyani, Made, dkk., “Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning dalam Pola Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III Semester I di SDN 3 Sambangan Kecamatan Sukasada Tahun Ajaran 2014/2015”, e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 Tahun: 2014, online pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/4539/3498
Darmiah, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Lanjutan Menengah Atas dan Pengaruhnya terhadap Pembangunan Karakter”, Jurnal Ar-Raniry, https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/3365/2357.
Fraenkel, Jack. R., and Norman E. Wallen. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. (Boston: McGraw-Hill Higher Education, 2012)
Husni, Muhammad Zainuddin, “Memahami Konsep Pemikiran Mind Map Tony Buzan (1970) dalam Realitas Kehidupan Belajar Anak”, Jurnal Al-Ibrah, Vol. 3 No.1 Juni 2018 https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/download/45/38/.
Joyce, Bruce and Marsha Well, Models of Teaching, (Prentice Hall of india: New Delhi, 2003)
Mckee, Lex, The Accelerated Trainer, (Bandung: Kaifa, 2008)
Meier, Dave, The Accelerated Learning Handbook: panduan kreatif dan efektif merancang program pendidikan dan pelatihan; penerjemah, Rahmani Astuti. (Bandung: Kaifa, 2002)
Mudzhar, Atho’, “Pendidikan Agama dengan Wawasan Multikultural”, Jurnal Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, http://www.jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/386.
Muhammad Munir, “Pemikiran Tarbiyah Jihadiyah menurut Munir Muhammad Al-Ghadban dalam Kitab Manhaj Tarbawi: Sistem Kaderisasi Dalam Sirah Nabi S.A.W. dan Aplikasinya dalam Pendidikan Kaderisasi.”, Jurnal STAI al-Hidayah, http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/download/542/417.
Oliva F. Peter, Developing of Curricullum, (USA: Harper Collins Publiser, 2007).
Rachmita, dkk., “Penerapan Pendekatan Accelerated Learning dengan Modalitas Otak Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Jember)”, Pancaran, https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/download/1716/1422/, (13 agustus 2021)
Rahmawati, Ida, “Penerapan Metode Accelerated Learning pada Pokok Bahasan Program Linier Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 4 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013”, Jurnal Pancaran Vol.4 No. 3, https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/download/1716/1422/, hal 109-116, Agustus 2015.
Rose, Collin and Malcolm J. Nicholl, Accelerated Learning for the 21st Century, (New York: Amazon, 2009)
Setin, “Menerapkan Model Accelerated Learning Dalam Pembelajaran Akuntansi: Sebuah Pedoman Untuk Dosen-Dosen Akuntansi”, Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 9, No. 2, Agustus 2007, 109 - 12 https://jurnaltsm.id/index.php/JBA/article/download/164/143.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Bandung; PT Remaja Rosdakarya, 2015)
Susilawati, “Manajemen Pembelejaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Accelerated Learning”, Jurnal Alwathzikhoebillah (Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, dan Humaniora), http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/ALWATZIKHOEBILLAH/article/view/164/134.
Syafnidawati, Model Pembelajaran Cooperative Learning, https://raharja.ac.id/2020/11/18/model-pembelajaran-cooperative-learning/ (20 Agustus 2021)
Tyler, W. Ralph, Basic Principles of Curriculum and Instruction. (Chicago: The University of Chicago Press, 1949)
Walter, Borg R., and Gall M. Damien, Educational Research, (New York: Longman, 1989)
Warsita, Bambang, “Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar” dalam Jurnal Teknodik, http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421, (20 Agustus 2021)
Zais, Robert, Curriculum: Principles and Foundations, (Crowel: Universitas Michigan, 1976)