EVALUASI PERAN PRAKTISI DALAM KELAS KOLABORASI PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Rudy Setiawan Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Elita Wijaya Universitas Tribhuwana Tunggadewi
  • Joni Irawan PT. Pelindo Terminal Petikemas Teluk Lamong

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v4i1.6895

Kata Kunci:

Evaluasi, Praktisi, Kolaborasi, Media Pembelajaran Matematika.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran praktisi dalam kelas kolaborasi pada mata kuliah Media Pembelajaran Matematika di Pendidikan Tinggi khususnya Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari praktisi yang terlibat dalam kelas kolaborasi media pembelajaran matematika semester ganjil 2022/2023. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktisi berperan penting dalam kelancaran kelas kolaborasi dengan memberikan sumbangan ide, memfasilitasi proses pembelajaran, mengarahkan diskusi, dan memberikan penjelasan. Kendala yang dihadapi dalam implementasi kelas kolaborasi adalah kurangnya waktu, keterbatasan fasilitas, dan perbedaan pemahaman antara praktisi. Simpulan dari penelitian ini adalah praktisi memiliki peran yang penting dalam kelas kolaborasi dan perlu memperhatikan kendala yang dihadapi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Referensi

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Pearson.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Learning together and alone: cooperative, competitive, and individualistic learning. Allyn and Bacon.
Prawatya, H., Santoso, B., & Nugroho, H. A. (2019). Pengaruh Kolaborasi Pendidik dan Praktisi terhadap Keterampilan dan Kinerja Siswa. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 42(2), 161-169.
Setiawan, A., & Sari, D. P. (2017). Peran Pendidik dan Praktisi dalam Pengembangan dan Implementasi Teknologi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(2), 166-175.
Setiawan, R, dkk. (2022). Pengembangan Program Belajar Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 7(1), 209-220.
Smith, J. D. (2020). Enhancing Learning through Relevant and Engaging Educational Media. Journal of Educational Technology, 7(2), 123-145
Sukmadinata, N. S. (2016). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.
Studiawan, H. (2018). Peningkatan Keterampilan Praktik Pengajaran Mahasiswa Pendidikan Matematika melalui Kelas Kolaborasi Praktisi. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 78-88.
Vrooman, M., Yang, Y., Menendez, A. L., & Yeager, C. (2018). The practicality of practitioner perspectives in educational research. Education and Society, 36(2), 56-64.
Wahyudi. (2013). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Statistika di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2): 307-314.
Wardhani, A. D. (2017). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Kelas Kolaborasi Praktisi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 49-54.
Yana. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(2): 66-76.
Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods (5th Ed.). Sage publications.

Diterbitkan

2023-05-22