PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS POWTOON PADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII

Penulis

  • Dita Faradila Yusi IAIN Metro
  • Pika Merliza IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v4i1.6045

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Powtoon, SPLDV.

Abstrak

Kegiatan belajar yang menarik dan tidak monoton menjadi salah satu kriteria guna menciptakan suasana kondusif, nyaman, serta efisien. Penggunaan media pada proses belajar mengajar dapat memotivasi, menumbuhkan dorongan serta rangsangan aktivitas belajar. Penggunaan media pembelajaran dalam bentuk video animasi merupakan salah satu pilihan yang dapat dipilih. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan aplikasi Powtoon pada materi SPLDV kelas VIII. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D yang meliputi: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa MTs At-Thoyyibah Depokrejo. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi terhadap media pembelajaran berbantuan Powtoon ini termasuk dalam kategori “valid” dengan peresentase keseluruhan sebesar 81,6. Penilaian ahli media terhadap media pembelajaran berbantuan Powtooon ini termasuk dalam kategori “Sangat Valid” dengan persentase keseluruhan sebesar 88,5. Sedangkan hasil penilaian kepraktisan berdasarkan angket peserta didik yang diberikan kepada 10 siswa memperoleh nilai presentase 92,6 dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran barbantuan Powtoon pada materi SPLDV layak untuk dijadikan alat bantu pembelajaran.

Referensi

Aprilianti, P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Powtoon pada Materi Trigonometri Siswa SMK PAB Helvetia T.P 2019/2020 [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Arsyad, A. (1997). Media Pengajaran. Raja Grafindo Persada.
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1).
Noviarni, E., Vahlia, I., & Agustina, R. (t.t.). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) disertai Cerita Begambar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 136–146.
Nur, R. (2013). AL-KHWARIZMI. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10.
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. 2(2), Jurnal Pendidikan Matematika.
Sandiyanti, A., & Rakhmawati, R. (2018). Pengembangan Modul Bilingual Bergambar Berbasis Quantum Learning Pada Materi Peluang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2).
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Comdes-Kalimantan.
Tofanao, T. (2013). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Trina, Z., Kamaruddin, T., & Rahmani Purnomowati, D. (2017). Penerapan Media Animasi Audio Visual Menggunakan Software Powtoon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 2(2).

File Tambahan

Diterbitkan

2023-05-09