PENGEMBANGAN LKPD GEOMETRI BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Penulis

  • Kartika Sari Dewi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Mukhtar Hadi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Yunita Wildaniati Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v3i1.4816

Kata Kunci:

Pengembangan LKPD, etnomatematika, berfikir kritis, segitiga dan segiempat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik geometri berbasis etnomatematika ditinjau dari kemampuan berfikir kritis berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada materi segitiga dan segiempat. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau riset and development. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan mengikuti tahap-tahap model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli, angket respon peserta didik dan soal tes berbentuk uraian.

Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan mendapat rata-rata keseluruhan yaitu 3,61 dan ahli media mendapat rata-rata keseluruhan adalah 3,65 nilai ini masuk dalam kategori sangat valid. Aspek kepraktisan berdasarkan angket yang diberikan kepada 9 peserta didik memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata keseluruhan 3,56 dalam kategori sangat praktis. Untuk aspek keefektifan berdasarkan persentase ketuntasan belajar sebesar 78%, hasil tersebut mencapai kriteria baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD geometri berbasis etnomatematika yang digunakan dalam pembelajaran efektif. Untuk analisis kemampuan berfikir kritis pada tiap indikator berfikir kritis tersebar dalam dua kategori yaitu sangat baik dan baik. Indikator klarifikasi mendapat persentase 92,5% nilai ini masuk dalam kategori sangat baik, indikator assesment mendapat persentase 70,3% masuk dalam kategori baik, indikator strategi dan taktik mendapat persentase 65,1% masuk dalam kategori baik dan indikator inferensi mendapat persentase sebesar 63,8% masuk dalam kategori baik.

Referensi

Admadianti, N. T., & Irfa’i, M. A. (2016). Pengembangan Modul Teknologi Mekanik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Smk Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jptm, 5(2), 62–67.

Astuti, P., Purwoko, P., & Indaryanti, I. (2017). Pengembangan LKS Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2), 145–155. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.244

Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630

Haryoko, S., & Jaya, H. (2017). Pengembangan Media Ajar Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Kejuruan. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2), 104–112. https://doi.org/10.26858/mekom.v4i2.5134
Ikashaum, F., Sulastri, W., & Azizah, I. N. (2022). Bahan Ajar Matematika Kontekstual : Flipbook , Liveworksheet , Youtube Contextual Mathematics Teaching Materials : Flipbook , Liveworksheet , Youtube. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–10.

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Android Pada Materi Aljabar. LINEAR: Journal of Mathematics, 2(2), 25–34.

Rahayu, D. N. G., Harijanto, A., & Lesmono, A. D. (2018). Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa sma pada materi fluida dinamis 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 162–167. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/download/7923/5579

Rosna, A. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 04(6), 235–246.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Remaja Rosdakarya.

Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198

Sulthoniyah, A. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmetika sosial. 769–778.

Sumiyati, W., Netriwati, N., & Rakhmawati, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 15. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1907

Tegeh, M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian dan Pengembangan. Graha Ilmu.

Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Membantu Siswa Sma Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942.

Wahyuni, S., Ikashaum, F., Wulantina, E., Mustika, J., & Putri, L. M. (2022). Development of Authentic Assessment Models in Research Methods Courses. Proceedings of the Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021), 627, 98–102. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211229.016

Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 124–130. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/9934

Widoyoko, E. P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian (Cet VIII). Pustaka Pelajar.

Diterbitkan

2022-06-10