PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ANDROID PADA MATERI ALJABAR

Penulis

  • Gita Kencanwaty Universitas Indraprasta PGRI
  • Chatarina Febriyanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Ari Irawan Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v2i2.3746

Kata Kunci:

Matematika realistik, Media pembelajaran android, Aljabar, PMRI

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi pembelajaran matematika dengan menggunakan software android. Aplikasi ini dikembangkan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik yang diharapkan mampu menjembatani siswa antara konsep dan konteks matematika dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) dengan menggunakan pendekatan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation andevaluation. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP yang melakukan pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19. Hasil penelitian ini baru sampai pada tahap pengembangan. Berdasarkan tahapan dengan pendekatan ADDIE menghasilkan analisis kebutuhan siswa dan guru akan media pembelajaran yang efektif dan efisien agar siswa dapat dengan mudah mempelajari matematika khususnya pada materi aljabar. tahap kedua adalah tahap desain dengan membuat flowchart dan storyboard dari aplikasi yang akan dikembangkan. tahap ketiga adalah development yaitu pengembangan aplikasi menggunakan android studio berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya. Saat ini tahap baru dalam pengembangan, untuk tahap selanjutnya segera dilakukan implementasi dan evaluasi untuk memastikan produk yang dibuat layak untuk digunakan.

 

 

Referensi

Arindiono, Rudi Yulio, and Nugrahadi Ramaadhani. 2013. “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas 5 SD Rudi.” Jurnal Sains Dan Seni Pomits 2(1):28–32.
Damayanti, Agustina Dhevin Merinda, and Rosa DIna Putranti. 2016. “Pembelajaran Matematika Dalam Permaianan Tradisional Engklek Untuk Siswa SD Kelas V.” Pp. 253–60 in Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapanya.
Fauziah, Anna. 2010. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Melalui Strategi REACT.” Forum Kependidikan 30(1):1–13.
Hendrawan, Ari Yunus. 2021. “Perancanngan Aplikasi Pengenalan Huruf Abjad Sebagai Media Pembelajaran Pada Penitipan Anak Usia Dini Berbasis Android.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(1):1–11.
Laurens, Theresia. 2016. “Analisis Etnomatematika Dan Penerapnya Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” LEMMA 3(1):86–96.
Nuryadi Nuryadi. 2019. “Pengembangan Media Matematika Mobile Learning Berbasis Android Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah.” Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 5(1):1–13.
Risdiyanti, Irma, and Rully Charitas Indra Prahmana. 2018. “Etnomatematika: Eksplirasi Dalam Permaian Tradisonal Jawa.” Journal of Medives 2(1):1–11.
Sastrawati, Eka, and Devi Novallyan. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri.” Jurnal IJER 2(2):72–76.
Sembiring, Robert K. 2010. “Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI): Perkembangan Dan Tantangan.” IndoMS. J.M.E 1(1):11–16.
Syahputra, Edi. 2013. “Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik.” Cakrawala Pendidikan XXXII(3):353–64.
Ulya, Zulkardi, and Ratu Ilma Indra Putri. 2010. “Desain Bahan Ajar Penjumlahan Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 23 Indralaya.” Jurnal Pendidikan Matematika 4(2):86–96.
Wahid, Abdul, Agung Handayanto, and F. X. Didik Purwosetiyono. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Menara Kudus Menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 Pada Siswa Kelas VIII.” Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 2(1):58–70.
Warsan, I. Made, Nyoman Dantes, and I. Made Candiasa. 2013. “Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Pecahan Pada Siswa Tuna Rungu Wicara Kelas IV SLB / B Negeri Tabanan.” Jurnal Pendidikan Dasar 3(1):1–12.
Waskito, Danang. 2017. “Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia.” Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi 9(1):20–26.
Widajati, Wiwik, and Blitsivictoria Alfinina. 2013. “Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Luar Biasa 9(1):26–34.

Diterbitkan

2021-11-10

Terbitan

Bagian

Articles