KEGAGALAN DAN KESALAHAN SISWA DALAM MELAKUKAN TRANSLASI ANTAR REPRESENTASI UNTUK MASALAH LAJU PERUBAHAN

Penulis

  • Surya Surya Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ikram Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Jumarniati Jumarniati Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v2i2.3737

Kata Kunci:

kegagalan, translasi, translasi antar representasi, laju perubahan

Abstrak

Masalah translasi saat ini merupakan salah satu penelitian yang penting dalam matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegagalan dan kesalahan siswa dalam melakukan translasi antar representasi untuk masalah laju perubahan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII. Penentuan subjek dalam penelitian ini berdasarkan pemberian lembar tugas disertai think aloud dan wawancara.  Hasil data tersebut kemudian dipilih 4 orang subjek. Subjek yang terpilih terindikasi mengalami kegagalan dan kesalahan  translasi antar representasi pada masalah laju perubahan. Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian ini. Instrumen pendukungnya yaitu lembar tugas dengan 1 butir soal dan pedoman wawancara. Tahap analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kegagalan dan kesalahan dalam melakukan translasi antar representasi dikarenakan : (1) Siswa tidak memahami inti permasalahan yang diberikan. (2) Kurangnya pemahaman siswa terkait materi laju perubahan. Adapun kegagalan dan kesalahan siswa dalam melakukan translasi antar representasi yaitu : (1) Subjek gagal dalam tahap unpacking the source, dikarenakan subjek tidak memahami inti permasalahan yang diberikan. (2) Subjek melakukan kesalahan translasi antar representasi pada tahap unpacking the source, dikarenakan subjek salah dalam mengidentifikasi informasi pada soal. (3) Subjek melakukan kesalahan translasi antar representasi pada tahap preliminary coordination, dikarenakan subjek salah dalam menggunakan rumus.

Referensi

Adu-Gyamfi, K., Bossé, M. J., & Chandler, K. (2015). Situating Student Errors: Linguistic-to-Algebra Translation Errors. International Journal for Mathematics Teaching & Learning
Adu‐Gyamfi, K., Bossé, M. J., & Lynch‐Davis, K. (2019). Three types of mathematical representational translations: Comparing empirical and theoretical results. School Science and Mathematics, 119(7), 396-404.

Afriyani, D., Sa’Dijah, C., Subanji, S., & Muksar, M. (2019, February). Students’ construction error in translation among mathematical representations. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032098). IOP Publishing.

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, Bogor, 27.

Bosse, M. J., Adu-Gyamfi, K., & Cheetham, M. (2011). Translations Among Mathematical Representations: Teacher Beliefs and Practices. International Journal for Mathematics Teaching & Learning.

Bossé, M. J., Brown, M., & Chandler, K. (2016). Student errors in dynamic mathematical environments. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 17(1).
Budiarto, M. T. (2020). Kemampuan Translasi Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 313-327.

Firdaus, M. Z. (2016). Translasi antar representasi matematika siswa SMP dalam pemecahan masalah aljabar ditinjau dari gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 1-18.

Fitrianingsih, I., Jamiah, Y., & Sayu, S. Analisis Kesulitan Translasi Matematis Siswa Dalam Materi Program Linear Di Kelas Xi Sma N 7 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1).

Hadi, M. R. (2015). Analisis Proses dan Kesalahan Translasi Matematis antar Representasi Fungsi Kuadrat oleh Siswa Kelas X SMAN 10 Malang. SKRIPSI Jurusan Tata Busana-Fakultas Teknik UM.
Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. Prisma, 7(1), 82-90.
Nurrahmawati, C. S. D., & Sudirman, M. M. (2021). Assessing students’ errors in mathematical translation: From symbolic to verbal and graphic representations. Int J Eval & Res Educ, 10(1), 115-125.

Putra, I. S., & Sulaiman, R. (2018, November). Students’ Translation Ability of Mathematical Representations (Symbolic and Visual) Based on Their Learning Styles. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1108, No. 1, p. 012079). IOP Publishing.
Rahmawati, D. (2017, July). Translasi representasi matematis verbal ke grafik pada materi fungsi. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 1, No. 1, pp. 557-563)

Sa’diyah, U., Nizaruddin, N., & Muhtarom, M. (2020). Translasi Antar Representasi Matematis Visual Ke Verbal Dalam Memahami Konsep Pada Materi Spldv Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Tinggi. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), 266-275.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.
Sofiani, Y. (2019). Profil Translasi antar representasi siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Zhe, L. (2012). Survey of primary students’ mathematical representation status and study on the teaching model of mathematical representation. Journal of Mathematics education, 5(1), 63-76.

Diterbitkan

2021-12-13

Terbitan

Bagian

Articles