PEMBELAJARAN MATERI PERKALIAN MELALUI EKSTRAKSI PERKALIAN ALA SUKU MAYA DAN RABDOLOGIA (NAPIER’S BONES)

Penulis

  • Endro Tri Susdarwono Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v1i2.2942

Kata Kunci:

Ekstraksi, Perkalian ala Suku Maya, Perkalian Rabdologia (Napier’s bones)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan memberikan deskripsi pembelajaran perkalian berdasarkan ekstraksi perkalian ala suku Maya dan Rabdologia (Napier’s Bones). Dari penelitian eksperimen ini diuji apakah teknik ekstraksi perkalian ini mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal perkalian. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini yang digunakan adalah kuantitatif. Pendekatan kuantitatif yang digunakan meliputi uji-t untuk sampel nonindependen dan uji statistik dengan uji beda t-test dengan sampel berhubungan (related samples) dimaksudkan untuk melihat perbedaan setelah dilakukan treatment antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan membandingkan nilai pretes dan postes. uji statistik selanjutnya yang digunakan adalah uji-t independen untuk membandingkan antara postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, maka kesimpulan dari penelitian eksperimen ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran perkalian ekstraksi ala suku Maya dan Rabdologia (Napier’s Bones) yakni berupa perkalian cendol yin yang dan perkalian mudah jaring yin yang mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal terkait perkalian.

Referensi

Arryawan, E. (2011). Matematika Yin Yang (Jurus Hitung Sakti Dari Barat dan Timur). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Blume, A. (2011). Maya concepts of zero. Proceedings of the American Philosophical Society, 155(1), 51–88.

Dila, Oki Ratna & Zanthy, Luvy Sylviana. (2020). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 17-26.

Dwidarti, U., Mampouw, Lygia, H., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Penelitian Pendidikan, edisi khusus (2), 80.

Firdaus, Muh Wildanul & Andayani, Sri. (2011). Adapting the concept of Napier’s bones to teach multiplication for elementary students . International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics Education, Department of Mathematics Education, Yogyakarta State University, 21-23 July 2011.

Haylock, Derek & Thangata, Fiona. (2007). Key Concepts in Teaching Primary Mathematics. London: Sage Publication.

Lara-Alecio, Rafael et al. (2018). A Mathematics Lesson From The Mayan Civilization. Teaching Children Mathematics, 5(3), 1-8.

Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Maths Week Ireland. (2020). Napier’s Bones (5th and 6th Class). mathsweek.ie diakses 11 Desember 2020 pukul 10.00.

Nuraida, I. (2017). Analisis kesalahan penyelesaian soal bangun ruang sisi lengkung siswa kelas ix SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(2), 25-30.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2014 tentang Tujuan Pembelajaran Matematika.

Prasetya, J. T., & Ahmadi, A. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatid dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wulantina, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Bahan Ajar Matematika Berbasis Lampungnese Etnomatematics. Triple S: Journal of Mathematics Education. Vol.2 No 2, 2019, pp.45-54.

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1).

Diterbitkan

2021-01-31

Terbitan

Bagian

Articles