ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA

Penulis

  • sutriyaningsih sutriyaningsih Universitas Tidar
  • Suciati Suciati
  • Zulia Maulidatul Munawaroh
  • Elly Elviani
  • Baihaqi Al-A'la
  • Fadhilah Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v1i2.2657

Kata Kunci:

kemampuan berpikir kreatif, SPLDV, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kulitatif. Subjek dalam penelitian sebanyak 20 siswa dari kategori hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Data pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X MAN 1 Magelang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sedangkan instrument bantu dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif pada materi SPLDV dan hasil ulangan siswa.Dengan mengacu pada indikator kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa siswa dalam kategori berpikir kreatif matematis sedang adalah siswa dengan hasil belajar tinggi dan kategori berpikir kreatif matematis siswa rendah adalah siswa dengan hasil belajar sedang dan rendah.

Referensi

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553

Evijayanti, S., & Sutiarso, S. (2019). EasyChair Preprint Analysis of Vocational High School Students About Difficulty In Completing The SPLDV Problem Viewed From Mathematic Communication Ability Analysis Of Vocational High School Students About Difficulty In Completing The Spldv Problem Viewed From Mathematic Communication Ability.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.

Jayanto, I. F., & Noer, S. H. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Pembelajaran Guided Discovery. Journal of Contemporary Psychotherapy Schools., 43(2), 73–82. http://download.springer.com/static/pdf/374/art%3A10.1007%2Fs10879-012-9229-1.pdf?auth66=1424375410_e67a093574f03d5261934559fd3fb978&ext=.pdf

Kusumawati, R., Hobri, & Hadi, A. F. (2019). Implementation of integrated inquiry collaborative learning based on the lesson study for learning community to improve students’ creative thinking skill. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012097

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23. www.journal.umsida.ac.id

Noer, S. H. (2013). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.824.

Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. 01(02), 271–278.

Siswono, Tatag Y.E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa University Press.

Wahyuni A., & Kurniawan, P. (2018). “Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Matematika, 17(2), 1-8.

Diterbitkan

2020-12-02

Terbitan

Bagian

Articles