PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK SAKU DIGITAL BERBASIS KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII

Penulis

  • Linda Zuliana IAIN Metro
  • Yuyun Yunarti IAIN Metro
  • Dwi Laila Sulistyowati IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v2i2.3815

Kata Kunci:

Minat Belajar , Buku Saku Digital, Kontekstual

Abstrak

Kreativitas guru dalam mengembangkan bahan ajar masih sangat kurang, khususnya buku saku digital matematika. Salah satu alternatif bahan ajar yang dapat digunakan dalam meningkatkan minat siswa yaitu dengan mengembangkan bahan ajar buku saku digital berbasis kontekstual pada siswa kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar buku saku digital berbasis kontekstual materi relasi dan fungsi; (2) Mengetahui bagiamana kelayakan buku saku digital berbasis kontekstual materi relasi dan fungsi; (3) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap buku saku digital berbasis kontekstual materi relasi dan fungsi. Penelitian Pengembangan dengan tahapan sampai pada tahap kelima. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan buku saku digital serta mengetahui respon siswa yaitu menggunakan skala likert dengan empat penilaian. Analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli materi, ahli bahan ajar, guru mata pelajaran dan siswa SMP N 2 Sukadana. Hasil Penelitian ini berupa: (1) bahan ajar buku saku digital berbasis kontekstual materi relasi dan fungsi; (2) Penilaian dari ahli materi, diperoleh rata-rata dengan kategori sangat layak, penilaian dari ahli bahan ajar diperoleh rata-rata dengan kategori sangat layak serta guru mata pelajaran diperoleh rata-rata dengan kategori sangat layak; (3) respon peserta didik berdasarkan dari beberapa aspek diperoleh presentase dengan kategori sangat layak.

Referensi

Arsanti, Meilan. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula.” Jurnal Kredo 1

Fajar, Rahmat. 2018. “Pengembangan Buku Saku Digital Materi Bangun Datar.” UIN Raden Intan Lampung,

Mardapi, Djemari. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.

Mayasari, Desti. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Tematik Berbasis Kearifan Lokal Lampung Pada Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku Kelas IV di SDN 1 Donomulyolampung.” UIN Raden Fatah Palembang.

Musdalifah, Syafsir Akhlus, and Eka Putra Ramdhani. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Kimia Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Pada Materi Asam Basa Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI MIPA.” Universitas Maritim Raja Ali Haji, n.d.

Muqodas, Rizal Zaenal, kamin sumardi, and Ega Tawali Berman. (2015). “Desain Dan Pembuatan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigerasi.” Universitas Pendidikan Indonesia 2.

Prafitriani, Nur. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas IV A SD N Margoyasan.” Universitas Negeri Yogyakarta.
Reza, M. Fahrudin Ali “Pengembangan Bahan ajar Pembelajaran Dalam Bentuk Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Ajar Gerak dan Gaya di SMK 1 Kedungwuni” Universitas Negeri Semarang, 2017

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan “Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” Bandung: Alfabeta,

Wandari, Ayu, Kamid, and Maison. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa.” EdumaEdumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1 no. 2 (n.d.).

Diterbitkan

2022-01-03

Terbitan

Bagian

Articles