KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DIUKUR DARI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

  • Ade Kurnia Wati Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Selvi Loviana Institut Agama Islam Negeri Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v3i1.4672

Keywords:

Problem Based Learning, Saintifik, Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 4 Abung Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 4 Abung Timur yang terdiri dari tiga kelas.  Pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan terpilih siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa adalah hasil tes (Posttest) sebanyak 5 butir soal setelah pemberian perlakuan pembelajaran. Data tes yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada hasil uji hipotesis menggunakan uji perbedaan rata-rata diperoleh nilai , nilai   dan  nilai Asymp. Sig sebesar 0,000 < 0,05. Karena  maka  ditolak, artinya terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik dibandingkan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional.

References

Cahyani, N., Muksar, M., & Rahardi, R. (2021). Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa Pembelajaran Daring dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan: Teori …, 1091–1098. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14930%0Ahttp://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/14930/6477

Elfina, H. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Medan. Maju, 7(2), 221–227. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/538

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. www.jurnal.uniga.ac.id

Ikashaum, F., & Noer, S. H. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Strategi PQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Siswa. Linear: Journal Of Mathematics Education, 1(1), 28–37.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. NCTM.

Rani, A. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Tinggi Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning. JOTE: Journal on Teacher Education, 3(2), 78–89.

Sarini, E. (2019). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Siswa terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 9–15.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Siregar, N., & Hasratuddin. (2021). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA. Jurnal Silogisme, 6(1), 23–32. http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme

Suparsawan, I. K. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 607–620. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560676

Supratman, L. P., & Fahrizal, M. (2019). Pola Komunikasi Komunitas The Max Street (Studi Kasus Pada Pola Komunikasi Komunitas The Max Street di Kota Bandung). E-Proceeding of Management, 6(1), 1734–1742.

Tanjung, H. S., & Aminah Nababan, S. (2019). Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, 10(2), 178–187.

Tatawati, H., Kusuma, A. P., & Arifannisa, A. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bentuk Aljabar melalui Metode Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1–6.
Turmuzi, M., & Suharni, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMPN 1 Mataram Pada Materi Persamaan Kuadrat Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dipadukan Dengan …. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional …, 4, 359–368. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44974

Wahyuni, S., & Putri, N. D. (2020). Karakteristik Instrumen Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Di Smkn 1 Braja Selebah. LINEAR: Journal of Mathematics …, 1(2), 126–134. https://www.repository.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/2958

Downloads

Published

2022-06-10