PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH STATISTIK PENDIDIKAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI STKIP KUMALA LAMPUNG TAHUN 2020

Authors

  • Wahyu Nofiansyah

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3208

Keywords:

Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Statistik Pendidikan, SPSS

Abstract

Mata kuliah Statistik Pendidikan merupakan salah satu ranah dari matematika. Adanya keterkaitan dengan matematika yang mana obyeknya abstrak sehingga menimbulkan persepsi bahwasanya mata kuliah statistik pendidikan itu sulit. Sumber belajar yang tidak hanya berpusat pada dosen maka kemandirian belajar penting dalam belajar statistik pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar mahasiswa terhadap hasil belajar pada mata kuliah statistik pendidikan. Penelitian ini dilakukan di STKIP Kumala Lampung  dengan jumlah sampel sebanyak 35 mahasiswa PG PAUD semester VI. Metode pengumpulan data dengan penyebaran angket (dalam bentuk google form) dan tes tertulis. Dalam proses analisis data menggunakan bantuan Aplikasi SPSS versi 24, yaitu baik dari uji instrumen, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar mahasiswa terhadap hasil belajar pada mata kuliah statistik pendidikan. Besar pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar ialah sebesar 22% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya

References

Chotimah, S., Ramadhani, F. A., Bernard, M., dan Akbar, P. 2018. Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematika Siswa SMP Negeri di Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 68-77.
Nana Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ngalimun. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Umar Tirtarahardja dan S. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Edisi Revisi Cet II.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan ajar metode penelitian pendidikan dengan addie model. Jurnal Ika, 11(1), 12-26.
Wulandari, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. In Prossiding Seminar Nasional Pendidikan 2017,Sukabumi:09 Agustus 2017. Hal. 1-4.
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 130-143.

Downloads

Published

2021-06-04

Issue

Section

Articles