HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN FULL ONLINE BERDASARKAN GENDER PADA MATA KULIAH ALJABAR LINEAR

Authors

  • Deni Efendi Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Endah Wulantina IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3205

Keywords:

Hasil belajar, Pembelajaran Full Online, Perbedaan Gender

Abstract

Sejak mewabahnya COVID 19, pemerintah membuat kebijakan tentang pembelajaran full online untuk seluruh lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi. Kebijakan tersebut membuat sistem pembelajaran berubah dan hasil belajar mahasiswapun berubah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran full online ditinjau dari perbedaan gender pada mata kuliah aljabar linear. Teknik pengolahan dan analisa data pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan dan analisa data kuantiatif menggunakan tes awal dan tes akhir serta pengolahan dan analisa data perbedaan dua rata-rata menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelompok data mahasiswa laki-laki maupun perempuan tidak menunjukan perbedaan hasil yang signifikan dengan nilai p-value atau sig. sebesar 0,803 > alpha= 0,05. Artinya mahasiswa laki-laki dan perempuan yang melaksanakan proses pembelajaran full online memberikan efek yang sama pada ranah kognitif mahasiswa.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L.
(2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah,
Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Fauzan, F., Fathurrahman, M., Syamsuri. (2020). Perbedaan Persepsi dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Terhadap Pembelajaran Daring Ditinjau dari Gender. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2(2), 136-151.
Fitriani, W. (2017). Analisis Self Efficacy dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Man 2 Batusangkar Berdasarkan Gender. Agenda: Jurnal Analisis Gender dan Agama. 1 (1), 141-158. http://dx.doi.org/10.31958/agenda.v1i1.945

Fuad, M. N. (2016). Representasi matematis siswa sma dalam memecahkan masalah persamaan kuadrat ditinjau dari perbedaan gender. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145-152.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PTRineka Cipta.

Sudjana, N. 2010. Proses dan Hasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Susento. 2006. Mekanisme Interaksi Antara Pengalaman Kultural-Matematis, Proses Kognitif, dan Topangan dalam Reivensi Terbimbing. Disertasi. Surabaya: Unesa.

Downloads

Published

2021-07-23

Issue

Section

Articles