BAHAN AJAR METODE NUMERIK BERBANTU APLIKASI FOCUSKY DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING

المؤلفون

  • Isnaini Nur Azizah Universitas Ma'arif Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.7941

الكلمات المفتاحية:

Metode Numerik, Focusky, Pembelajaran Daring

الملخص

Bahan ajar adalah komponen penting dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa bahan ajar metode numerik berbantuan aplikasi focusky yang akan digunakan dalam sistem pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan tahapan ADDIE yaitu Analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 31 subjek mahasiswa Universitas Ma’arif Lampung. Berdasarkan analisis data, hasil validasi rancangan ahli materi memperoleh nilai rata-rata 3,32 dan ahli media memperoleh nilai rata-rata 3,42. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan. Hasil uji coba lapangan berdasarkan hasil analisis angket respon mahasiswa diperoleh skor 2,86, disimpulkan bahwa daya tarik media termasuk dalam kategori menarik dan hasil keefektifan media mencapai 76% dan dinyatakan sangat efektif. Kesimpulannya, penggunaan bahan ajar ini layak dan efektif.

المراجع

Armis. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis KKNI Matakuliah Matematika Dasar. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 1, 14–21.
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Etika, E. D. (2018). Analisis kebutuhan modul pembelajaran geometri analitik berbasis multirepresentasi. 5(1), 1–8.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Kemendikbud RI. (2020). Surat Edaran Kemendikbud Dikti.
Kesumayanti, N., & Putra, R. W. Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Rumus Cepat. JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika), 3(2), 125. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.686
Kompas. (n.d.). 225 Mahasiswa PTIQ Cilandak Positif Corona, 161 Orang Berstatus OTG. https://megapolitan.kompas.com/read/2020/10/06/18481121/225-mahasiswa-ptiq-cilandak-positif-corona-161-orang-berstatus-otg
Martoredjo, N. T. (2020). Pandemi Covid-19: Ancaman atau Tentangan bagi Sektor Pendidikan? Core.Ac.Uk, 2. https://core.ac.uk/download/pdf/328807842.pdf
Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118
Putro, W. eko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. In Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Schleicher, A. (2020). the Impact of Covid-19 on Education Insights From Education At a Glance 2020. 1–31.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Utomo Putri, K., & Kustini, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Menggunakan Media Focusky Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Gedung Di Smk Negeri 5 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 4(1).

التنزيلات

منشور

2023-11-04