PENGARUH MODEL CORE BERBASIS BRAINSTORMING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

المؤلفون

  • Annisa Azzahra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Netriwati Netriwati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Indah Resti Ayuni Suri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v4i2.7765

الكلمات المفتاحية:

CORE brainstorming, Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Berpikir Kritis.

الملخص

Rendahnya pemahaman konsep matematis dan lemahnya kemampuan berpikir kritis siswa menjadi masalah yang penting dipendidikan. Berdasarkan hasil pra penelitian, banyak siswa memperoleh nilai dibawah ketuntasan, terlihat dari cara siswa dalam menyelesaikan permasalah belum sesuai dengan struktur dan indikator-indikator pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis, serta peserta didik beranggapan bahwa matematika adalah matapelajaran yang sulit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE (Conecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis brainstorming meningkatkan pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasy experimental design. Teknik pengambilan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data uji Manova menunjukan sig.  maka  ditolak dan  diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat: (1) pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis brainstorming terhadap pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa, (2) pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis brainstorming terhadap pemahaman konsep matematis, (3) pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritisRendahnya pemahaman konsep matematis dan lemahnya kemampuan berpikir kritis siswa menjadi masalah yang penting dipendidikan. Berdasarkan hasil pra penelitian, banyak siswa memperoleh nilai dibawah ketuntasan, terlihat dari cara siswa dalam menyelesaikan permasalah belum sesuai dengan struktur dan indikator-indikator pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis, serta peserta didik beranggapan bahwa matematika adalah matapelajaran yang sulit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE (Conecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis brainstorming meningkatkan pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasy experimental design. Teknik pengambilan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data uji Manova menunjukan sig.  maka  ditolak dan  diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat: (1) pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis brainstorming terhadap pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa, (2) pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis brainstorming terhadap pemahaman konsep matematis, (3) pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) berbasis brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis.

المراجع

Aledya, V. (2019). Pada Siswa. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa, 2(May), 0–7.
Amin dan LInda Susan SUMENDAP. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbit LPPM.
Aprilia, I. S., & Diana, H. A. (2023). Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Taruna Terpadu Bogor. 3, 83–92.
Azis, A. A., Yuberti, Y., & Suri, I. R. A. (2020). Analisis Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Kemandirian Belajar Peserta Didik. Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 69–77. https://doi.org/10.32665/james.v3i2.142
Budiastuti, D. dan A. B. (2018). Validitas dan Realibilitas Penelitian. In Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Wacana Media.
Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3604
Friscillia, N., Prihatiningtyas, N. C., & Nurhayati, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Conecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Vii. Journal of Educational Review and Research, 4(1), 63. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2364
Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., & Sarumaha, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 2682(1), 13–26.
Hendriana, Heris, Euis, U. (2018). Hard Skill and Soft Skill Matematik Siswa. Refika Aditama.
Inanna, Rahmatullah, & Hasan, M. (2021). EVALUASI PEMBELAJARAN: Teori dan Praktek.
Lanya, H., & Aini, S. D. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Osborn Dengan Teknik Brainstorming Pada Mata Kuliah Metode Numerik. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 9. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3247
Lena, Mai Sri , Netriwati, dan N. (2019). Metode Penelitian (Pertama). CV. IRDH
Lena, M. S., Padang, U. N., Netriwati, N., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2020). Metode Penelitian (Issue December 2019).
Liando, M. A. J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 743–751. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3496
Netriwati, Mai Sri Lena, Y. J. (2022). Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika. Pusaka Media.
Pramesty, S. D. P. (2020). Catatan Dasar Pembelajaran Matematika. Nasya Expanding Management.
Prihatin, Y. (2016). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Purba, Y. O., Fadhilaturrahmi, Purba, J. T., & Siahaan, K. W. A. (2021). Teknik Uji Instrumen Penelitian Pendidikan. February, 76.
Rosalline, S., Mailizar, M., & Agustina, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connection, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 143. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5283
Simatupang, M. A. (2020). Latihan Soal Berpikir Kritis Kelas X. Guepedia.
Siti Ruqoyyah, M. P., Sukma Murni, M. P., & Linda, S. P. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Resiliensi Matematika dengan VBA Microsoft Excel by Siti Ruqoyyah, M.Pd., Sukma Murni, M.Pd., Linda, S.Pd. (z-lib.org). https://play.google.com/store/books/details/Siti_Ruqoyyah_Sukma_Murni_Linda_Linda_KEMAMPUAN_PE?id=R2IXEAAAQBAJ
Sitompul, D. N., & Hayati, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games terhadap Minat Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU T.A 2017/2018. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(3), 243–253. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i3.4023
Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif (Issue August).
Udayani, K. R., Gita, I. N., & Suryawan, I. P. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Core Berbantuan Masalah Terbuka Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1), 54. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i1.19886
Utami, N. I., Sudirman, S., & Sukoriyanto, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Komposisi Fungsi. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8268
Wati, K., Hidayati, Y., Wulandari, A. Y. R., & Ahied, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Core (Connecting Organizing Reflecting Extending) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Natural Science Education Research, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4249
Zainuri, Ahmad, Aquami, dan S. A. (2021). Evaluasi Pendidikan. CV. Qiara Media.

التنزيلات

منشور

2023-11-01