PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA IMPLEMENTASI K-13 PADA MAHASISWA SEMESTER 3 MATAKULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM

المؤلفون

  • Nur Indah Rahmawati IAIN Metro
  • Hertanti Hertanti IAIN Metro
  • Ulfi Fitriani IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3209

الكلمات المفتاحية:

Pengembangan Kurikulum, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, K-13

الملخص

Matakuliah pengembangan kurikulum adalah matakuliah yang membahas dimensi teoritik mata pelajaran Matematika dalam kurikulum. Namun mahasiswa masih amat lemah dalam pengaplikasian Kurukulum itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan Mahasiswa Tadris Matematika semester 3 membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika berbasis K-13 pada matakuliah Pengembangan Kurikulum. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, objek dari penelitian ini adalah mahasiswa Tadris matematika semester 3. Berdasarkan hasil kreteria  penilaian mahasiswa mampu membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik, sesuai, tepat guna dan kurang oprasional, Rencana Pelakasana Pembelajaran Matematika yang dibuat oleh mahasiswa sudah dapat digunakan dengan revisi kecil.

المراجع

Al-khuli, Muhammad ali,. (1982). Riyadh ; almamlakahmal-arabiyyah al-su’udiyah, Asalib Tadris al-lughoh al-arabiyah,
Arifin, Zainal. (2011). Konsep & Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2005). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Kemendikbud. (2013). Buku Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013, Mata Diklat: 2. Analisis Materi Ajar, Jenjang: SD/SMP/SMA, Mata Pelajaran: Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta.
Lestari, Kurnia Eka,.Yudhanegara, Mohammad ridwan., (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.
Muhammedi. (2016). Perubahan Kurikulum di Indonesia : Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal . JURNAL RAUDHAH. Vol 4, No 1. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id /index.php/raudhah/article/view/61/40.
Mulyasa.(2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, S,. (2008). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Oviana, Wati. (2018). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik oleh Guru SD dan MI di Kota Sabang. PIONIR: Jurnal Pemdidikan. Vol 7, No 1 (2018). http://103.107.187.25 /index.php/Pionir/article/view/3316.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N,. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakary.

التنزيلات

منشور

2021-06-04

إصدار

القسم

Articles