PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

المؤلفون

  • Indah Resti Ayuni Suri UIN Raden Intan Lampung
  • Indri Rizkia Putri UIN Raden Intan Lampung
  • Netriwati Netriwati UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v2i1.3206

الكلمات المفتاحية:

Reciprocal Teaching Learning, Mathematical Critical Thinking Ability, Mathematical Communication

الملخص

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Reciprocal Teaching dan komunikasi siswa terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa. Serta menganalisis interaksi antara pembelajaran Reciprocal Teaching dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian eksperimental ini menggunakan penelitian asi. Desain yang digunakan adalah desain kontrol posttest-only. Pemilihan dua kelas sebagai sampel kelas satu menerapkan pembelajaran Reciprocal Teaching, dan metode konvensional yang digunakan pada kelas dua sebagai kelas kontrol. Selanjutnya, kedua kelompok akan diberikan tes akhir untuk melihat kemampuan berpikir matematika kritis. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data, tes, wawancara, dokumentasi. Instrumen Penelitian dengan Tes Esai. Teknik analisis data akhir penelitian menggunakan uji Anova. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Terdapat pengaruh pembelajaran Reciprocal Teaching dan keterampilan komunikasi matematis kategori tinggi, sedang, rendah terhadap keterampilan berpikir kritis matematis terdapat pengaruh. Dan tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kategori komunikasi matematis dengan kemampuan berpikir kritis matematis.

 

Keyword: Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Komunikasi Matematis

 

Abstract

The purpose of this research is to analyze the influence of Reciprocal Teaching learning and student communication on the mathematical critical thinking skills of students. As well as analyzing the interaction between Reciprocal Teaching learning and the mathematical critical thinking abilities of students. This type of experimental research uses asi-research. The design used in is posttest-only control design. The selection of two classes as a sample of the first class applies Reciprocal Teaching learning, and the conventional method used in the second class is as a control class. Next, both groups will be given final tests to look at critical math thinking skills. The sampling technique used in this study is random sampling with cluster random sampling technique. Data collection techniques, tests, interviews, documentation. Research Instruments with Essay Tests. The study's final data analysis technique uses the Anova test. Based on the data analysis and hypothesis testing that has been done by researchers, it can be concluded as follows: There is an influence of Reciprocal Teaching learning and categories of high, moderate, low mathematical communication skills on mathematical critical thinking skills. And there is no interaction between learning methods and mathematical communication categories to mathematical critical thinking skills.

المراجع

Abdurrohman, A., & Djuniadi, D. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Station Learning Berpendekatan Metaphorical Thinking. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 90–97.
Afrida, N., Hamam, P. A., & Akbar, P. (2019). Implementasi Pendekatan Problem Solving Dengan Model Eliciting Activities Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Journal on Education, 1(4), 616–624.
Anggraeni, Y. N., Prayitno, B. A., & Ariyanto, J. (2016). Penerapan model konstruktivis-metakognitif pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Bio-Pedagogi, 5(2), 48–55.
Arista Ismawati, D. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Matematika Sub Pokok Bahasan Hubungan Antar Sudut Kelas Vii Smp Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(1).
Arjuniwati, A. (2019). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) Pada Materi Peluang Mata Pelajaran Matematika Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 1–13.
Butar-Butar, M. (2018). Peranan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Limit Fungsi Aljabar Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 877–881.
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31–37.
Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–5.
Efendi, N. (2013). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching dipadukan think pair share terhadap peningkatan kemampuan metakognitif belajar biologi siswa SMA berkemampuan akademik berbeda di kabupaten sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 3(2), 85-109 pp.
Gordah, E. K., & Astuti, R. (2013). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis Model Reciprocal Teaching di STKIP PGRI Pontianak. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta, 9(2), 227–232.
Haryati, D. (2016). Efektivitas pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Inpres BTN IKIP I Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2), 80–96.
HASANAH, U. N., Thahir, A., Komaruddin, K., & Rahmahwaty, R. (2019). MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123–1135.
Hidayanti, R., Nurdin, N., & Fajar, F. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Kesadaran Metakognisi. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 128–139.
Huda, C., Siswoningsih, D., & Nuvitalia, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Sains Berbasis Local wisdom pada pembahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 89–94.
Husni, M. (2018). Pendidikan Islam Dalam Mambangun Etika Peradaban; Sebuah Kajian Diskurtif. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 28–40.
Ismawati, D. A., & Tandyonomanu, D. (2016). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika sub pokok bahasan hubungan antar sudut kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(1).
Juhji, J., & Suardi, A. (2018). Profesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Era Globalisasi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16–24.
Khaliq, I., Azzahra, A., Safitri, A., & Muthmainnah, R. N. (2017). Upaya Meningkatkan Daya Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Metode Socrates Kontekstual. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 23–30.
Lestari, P. B., & Widyaningrum, D. A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pair Share (RTPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Matakuliah Mikrobologi Mahasiswa IKIP Budi Utomo. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), 13(1), 528–535.
Mahmuzah, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).
Munandar, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Siswa MTs. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Muslimin, M., Indaryanti, I., & Susanti, E. (2017). Pembelajaran matematika dengan model reciprocal teaching untuk melatih kecakapan akademik siswa kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–14.
Novia, R., Ramalis, T. R., & Efendi, R. (2018). Pengembangan dan Karakterisasi Tes Keterampilan Berpikir Kritis Materi Tekanan berdasarkan Teori Respon Butir. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 155–162.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 119–131.
Nurhidayah, I., & Syafik, A. (2014). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Melalui Active Learning dengan Strategi Index Card Match. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 11(1).
Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar matematika siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).
Rochani, S. (2016). Keefektifan pembelajaran matematika berbasis masalah dan penemuan terbimbing ditinjau dari hasil belajar kognitif kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 273–283.
Salim Nahdi, D. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).
Sari, F. K., Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152.
Setiadi, F. M. (2020). Pendekatan Psikolinguistik Bahasa Arab di Indonesia. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 6(1), 57–68.
Setiawan, J., & Royani, M. (2013). Kemampuan berpikir kritis siswa smp dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan metode inkuiri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 605–612.
Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif matematik (eksperimen terhadap siswa sma menggunakan pembelajaran berbasis masalah dan strategi think-talk-write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17–33.
Supriyono Budi Prabowo, L. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Cendekia Sidoarjo. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(1).
Syahrir, S., & Susilawati, S. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), 162–171.
Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).
WARDATI, S. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Terbalik) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) Kelas VII Di MTsN Aryojeding Rejotangan Tulungagung.
Wulandari, C. (2016). Unsur Melankolis Puisi Dalam Komik Puisi Dinasti Tang Yang Dikumpulkan Oleh Yangyangtu. Mandarin Unesa, 1(01).
Yuanita, D. I. (2020). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aswaja Siswa di Madrasah. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(1), 144–163.

التنزيلات

منشور

2021-06-04

إصدار

القسم

Articles