ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATERI STATISTIK PADA MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS

المؤلفون

  • Williza Yanti Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan

DOI:

https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.5763

الكلمات المفتاحية:

High Order Thinking Skills، Pemahaman Konsep، Statistika

الملخص

Pengamatan dari tahun 2021 hingga 2022 menunjukkan bahwa siswa menganggap kelas statistik sebagai mata pelajaran yang cukup menakutkan. Hal ini didukung oleh sifat komputasi material yang meningkat. Oleh sebab itu, artikel ini memiliki tujuan untuk memahami keterampilan mahasiswa program studi Pendidikan Matematika di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan High Order Thinking Skills dalam hal analisis, penilaian, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Sembilan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan menjadi peserta studi. Penelitian ini berfokus pada kemampuan siswa dalam merespon pertanyaan High Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian menjelaskan bahwa rata-rata kemampuan HOTS siswa pada tahap analitik memenuhi tolok ukur yang diperlukan sebesar 56,94%, dan mereka melakukannya lagi pada segmen evaluasi dengan skor 55,56%. Selain itu, porsi materi masih memenuhi standar yang lemah sebesar 52,75%.

 

المراجع

Afifiah, S. N., & Wicaksana, E. J. (2014). Persepsi Mahasiswa tentang Mata Kuliah Statistik serta Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Statistik Mahasiswa IKIP PGRI Madiun. Jurnal CARE, 2(1), 1–8.

Farida, N. (2015) ‘Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).

Jailani, dkk. 2018. Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Higher Order Thinking Skill. Yogyakarta: UNY Press.

Jais, E., & Amiati, W. (2020). Jurnal akademik pendidikan matematika. Akademik Pendidikan Matematika, 6(November), 62–66.

Lestari, Eka Kurnia dan Mokhammad, Ridwan Yudhanegara. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nugroho, R. Arifin. 2019. HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal). Jakarta: PT Gramedia.

Nurlita, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Pengetahuan Mahasiswa. 4(November), 46–56. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/JPZ2F

Payadnya, I. P. A. A. (2020) ‘Pengaruh Metaphorical Thinking Skills Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 12(1), pp. 12–19.

Payadnya, I. P. A. A., Noviyanti, P. L., & Wibawa, K. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Statistika I selama Pandemi COVID-19. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, IX(2), 288–296.

Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal HOTS 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Widodo, T & Kadarwati, S. ( 2013). High Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan 32(1), 161-171.

التنزيلات

منشور

2022-12-13