Penggunaan ANATES 4.0.9 dalam menguji kelayakan soal pilihan ganda sumatif matematika
DOI:
https://doi.org/10.32332/2zg4f753Keywords:
ANATES , Butir Soal, Kelayakan Soal, Kualitas SoalAbstract
Guru harus mampu mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan penilaian dengan benar, serta menggunakan hasil penilaian sesuai dengan keperluan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kelayakan soal sumatif matematika pilihan ganda materi fungsi komposisi dan invers fungsi berbasis HOTS dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sebanyak 72 siswa kelas XI dari salah satu SMA Negeri di Kota Surabaya menjadi subjek penelitian ini pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda dengan 25 soal. Data dianalisis dengan software ANATES 4.0.9. Hasil penelitian terkait butir soal yaitu sebanyak 56% valid dan 44% tidak valid; reliabilitas tes mencapai 0,71, yang memiliki kategori tinggi; 16% soal memiliki daya pembeda sangat bagus, 48% bagus, 24% cukup bagus, dan 12% buruk; 68% soal memiliki tingkat kesukaran sedang, 20% mudah, dan 12% sangat mudah. Hasil penelitian menyatakan bahwa 40% memiliki kualitas soal yang sangat baik, sehingga layak digunakan pada tes sumatif yang akan datang atau dimasukkan ke dalam bank soal. Sementara 60% harus dievaluasi terlebih dahulu oleh peneliti. Ini akan membuat pengembangan bank soal lebih baik dan akan dapat digunakan untuk melakukan berbagai evaluasi pembelajaran.
References
Alti, R. P., Zulyuri, Z., & Violita. (2023). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Tengah Semester Mata Pelajaran Biologi Kelas X di MAN 1 Solok Selatan. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v4i2.4089
Antari, B., Susanta, A., & Siagian, T. A. (2021). Analisis Soal Penilaian Akhir Semester Matematika SMA Negeri 8 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2020/2021. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 299–312. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10421
Aquatika, F., Rufi’i, & Bayu Pratama, Moch. H. (2022). Penggunaan Aplikasi Anates pada Analisis Butir Soal Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Kelas X MIPA 8 SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Metalanguage, 4(4), 1–7. https://doi.org/10.56707
AR, A., Suharti, Mania, S., & Hasrianti, A. (2024). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(2), 284–296. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7442
Ashayidatina, L., & Alber. (2023). Analisis Butir Soal Ujian Semester Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X SMK Negeri 1 Mempura. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 131–137. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v8i2.5039
Cahyaningrum, I. Y., Fuady, A., & Sunismi. (2023). Analisis Butir Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas VII dengan Berbantuan Aplikasi Software Anates. Mathema Journal, 5(2), 67–81. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2601
Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. Jurnal Mudarrisuna, 10(2), 58–74. https://doi.org/10.22373/jm.v10i2.7839
Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Harian IPA Menggunakan Software Anates Pada Pendekatan Teori Tes Klasik. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(1), 65–76. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8133
Hidayati, K., & Nisa’, Z. E. K. (2023). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Matematika. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3516. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7575
Hodiyanto. (2017). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Matematika Sekolah Menengah Pertama. Buana Matematika, 7, 53–60. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v7i2:.1044
Khasanah, I., Fuady, A., & Sunismi. (2023). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda. Mathema Journal, 5(2), 2023. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2818
Lukman, A. (2023). Karakteristik Butir Soal Pas Matematika SMA Kelas X. Jurnal_Ilmiah_Matematika, 4, 25–34. https://doi.org/10.5281/zenodo.8146055
Manfaat, B., Nurazizah, A., & Misri, M. A. (2021). Analysis of Mathematics Test Items Quality for High School. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 25(1), 108–117. https://doi.org/10.21831/pep.v25i1.39174
Merlin Purwati, L., Arianty, R., Malaka Syakilah, D., Ridlo, S., & Susilaningsih, E. (2021). Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skill menggunakan Aplikasi Anates Windows Versi 4.0.9 For Windows. JurnalPendidikanUniversitasGarut, 15(2), 460–473. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52434/jp.v15i2.1287
Mira, K., Hayon, V. H. B., & Tinenti, Y. R. (2021). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Kelas X IPA SMA Negeri 1 Lamba Leda Manggarai Timur. Wahana : Tridarma Perguruan Tinggi, 73, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/wahana.v73i2.4201
Muluki, A., Bundu, P., & Sukmawati. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 86–96.
Munauwarah, R., Suhartati, & Khairul Umam. (2022). Analisis Butir Soal Ujian Semester Genap Mata Pelajaran Matematika pada Kelas X SMA di Kota Banda Aceh Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 7(2), 278–284.
Nurfiqah, S., Supardi, I., & Novita, D. (2015). The Analysis On The Items Of The English Test Made By The Teacher. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9). https://doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11247
Rezki Amalia, N., Halik, A., & Mukhlisa, N. (2021). Analisis Butir Soal Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education, 219–230.
Santosa, S., & Badawi, J. A. (2022). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Tema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(2), 1678–1686. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2206
Sardia, Y., Fitriati, A., & Salmina, M. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Try Out Bidang Studi Matematika SMA N 1 Simeulue Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).
Toifur, I., & Setyowati, E. (2022). Analisis Butir Soal Simulasi Ujian Sekolah Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri 1 Salaman. Math Locus: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 28–39.
Usman, Wiwid, & Sulisti, H. (2022). Analisis Butir Soal Ulangan Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Negeri 2 Pulau Maya. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 34–43. https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1133
Warju, Rizki Ariyanto, S., Soeryanto, & Adi Trisna, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Tipe HOTS Pada Kompetensi Sistem Rem Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95–104.
Widayanti, W., Bistari, & Suparjan. (2021). Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Penilaian Tengah Semester Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 39 Pontianak Kota. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 279–296. https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4370
Zahiroh, U., & Soleman Ritonga, P. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Kimia Pada Ujian Akhir Semester (UAS) Kelas XI MAN 2 Kepulauan Meranti. Jedchem (Journal Education and Chemistry, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.36378/jedchem.v3i1.780
Zein, Mas’ud dan Darto. 2012. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dito Risky Karindi, Rufi'i
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.