Efektivitas metode game-based learning berbantuan media flashcard pecahan terhadap hasil belajar matematika siswa

Authors

  • Kholifatun Nur Afiyah Universitas Islam Nahddlatul Ulama Jepara
  • Wulan Sutriyani Universitas Islam Nahddlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.32332/xmy86j91

Keywords:

Game-Based Learning, Flashcard, Hasil Belajar

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pecahan dan kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang tepat oleh guru mengakibatkan siswa menjadi tidak aktif dan kurang efektifnya proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan banyak siswa mendapatkan nilai rendah dan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode Game Based Learning (GBL) dengan bantuan media Flashcard terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN 2 Batealit. Penelitian ini dilakukan dengan berpendekatan kuantitatif desain Pre Eksperiment one group pretest-posttest dan melibatkan 15 siswa sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode GBL dengan bantuan media Flashcard memberikan dampak pada meningkatnya pemahaman dan kemampuan siswa dalam mengingat serta mengaplikasikan konsep matematika, khususnya pada materi pecahan. Metode ini terbukti menjadi alternatif pembelajaran yang inovatif dan menarik, yang memberikan dampak pada meningkatnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang variatif sangat penting untuk diterapkan dalam pembelajaran guna mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi. 

References

Airani Cendani, C., & Widyati, T. (2023). Penggunaan Media Flash Card Pecahan Senılaı untuk Meningkatkan Hasıl Belajar Siswa Kelas IV SDN Krian 4 Sidoarjo. 01, 273–278.

Amri, K., Arinjani, S. M., & Sutriyani, W. (2022). Analisis Penerapan Model TGT (Teams, Games And Tournament) Tehadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(1), 47–56. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i1.708

Badar, N., & Bakri, A. (2022). Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan. Jurnal JBES:Journal Of Biology Education And Sciencee, 2(2), 1–15. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jbes

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui realistic mathematic education berbantu alat peraga bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20.

Febriyanti, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran Flashcard pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas III SD/MI. IAIN Metro.

Hui, S. S., Jawawi, D. N. A., & Jamal, N. N. (2024). Integration of Adaptive Game-Based Learning Approach in Learning Mathematics Subject for Primary School. International Journal of Innovative Computing, 14(1), 43–47.

Khusniah, Z., Linguistika, Y., & Ahdhianto, E. (2020). Analisis peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model game-based learning pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN PW 01. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 613–622.

Kurniati, S. (2022). Metode pembelajaran LBS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerbit Nem.

Logayah, D. S., Salira, A. B., Kirani, K., Tianti, T., & Darmawan, R. A. (2023). Pengembangan Augmented Reality Melalui Metode Flash Card Sebagai Media Pembelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 7(1), 326–338.

Maulin, B. A., & Chotimah, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 949–956.

Maziyah, H. N., & Zumrotun, E. (2024). PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DI SDN 3 KARANGAJI. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 157–164.

Moon, J., Yeo, S., Si, Q., & Ijeluola, A. S. (2024). A scoping review of game-based learning for mathematics teacher education. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–29.

Nurul Hikmah, S., & Hendra Saputra, V. (2020). Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(1), 7–11.

Oktavia, R. (2022). Game based learning meningkatkan efektivitas belajar siswa.

Paulina, C., Rokmanah, S., Syachruroji, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Game Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31348–31354.

Rahmawati, A., & Hanifah, H. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 251–255.

Sari, A. D. N., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Berbasis Digital Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Bersusun Siswa Kelas Iii Sdn 1 Ngasem. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 1298–1308.

Sembiring, E. H. B., & Listiani, T. (2023). Game Based Learning Berbantuan Kahoot! dalam Mendorong Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 26–40.

Septiana, G. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Eksperimen Di MTs Raudlatul Ulum Pasirgadung-Mancak). Universitas Islam Negeri" SMH" Banten.

Sipahutar, C. E. (2023). Application of the Game Based Learning Model to Improve Students’ Concept Understanding Ability at SMP Negeri 35 Medan. Formosa Journal of Science and Technology, 2(2), 569–578.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9–16.

Wulandari, R., Timara, A., Sulistri, E., & Sumarli, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sd. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 7(2), 283. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5173

Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. IRDH Book Publisher.

Downloads

Published

2024-12-28