Pengaruh penggunaan alat peraga papan diagram (padi) terhadap prestasi belajar peserta didik sekolah dasar

Authors

  • Adillah Universitas Islam Riau
  • Alzaber Universitas Islam Riau
  • Astri Wahyuni Universitas Islam Riau
  • Sri Rezeki Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.32332/6kv6h004

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga Papan Diagram terhadap prestasi belajar peserta didik SD Negeri 158 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI SD Negeri 158 Pekanbaru tahun pelajaran 2024/2025. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas VI.A sebagai kelas kontrol dan kelas VI.B sebagai kelas eksperimen, dengan jumlah peserta didik kelas kontrol sebanyak 36 peserta didik dan kelas eksperimen sebanyak 38 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar Pretest  dan Posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. . Nilai asymp.sig (2-tailed) merupakan indikasi normalitas data yang dibandingkan dengan ¬α=0,05. Apabila nilai Asymp.sig. (2-tailed) <α=0,05 maka data tersebut berdistribusi normal sedangkan apabila nilai Asymp.sig. (2-tailed) >α=0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Mann-Whitney U untuk data tidak berdistribusi normal dapat diperoleh nilai Asymp.Sig. untuk Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih kecil dari 0,05 (0,048 < 0,05). Hal ini berarti  H0 ditolak, H1  diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata prestasi belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dilihat dari skor posstest diketahui peserta didik yang menggunakan alat peraga lebih tinggi dibandingkan menggunakan model konvensional, kemudian kenaikan rata-rata prestasi belajar di kelas eksperimen adalah 38,1 sedangkan kenaikan rata-rata prestasi belajar di kelas kontrol adalah 33,89. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh alat peraga Papan Diagram (PADI) terhadap prestasi belajar peserta didik.

References

Adita, A., Misdalina, M., & Irawan, D. B. (2023). Pengembangan Media Papan Diagram Pada Materi Penyajian Data Peserta Didik Kelas IV SD. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 8(2), 152–162.

Aholongan, A., & Suripah, S. (2021). Student Ability in Using Algebrator Software: Case Study During Online Learning. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 24–34.

Alzaber, A., Suripah, S., & Susanti, W. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar untuk Memfasilitasi Perkuliahan Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika (DPPM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4131

Cahyani, A. N., Kironoratri, L., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Papan Diagram Pada Siswa Kelas V SD. 47(6), 2021–2024.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Komariyah, N. S. L. D. P. (2021). Pengaruh Media PADI (Papan Diagram) terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA), 706–726.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.

Mahartanti, L. M., Sari, Y. P., & Widodo, S. T. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Manipulatif Papan Diagram (PADI) Materi Penyajian Data Matematika Kelas V SDN Karanganyar Gunung 01 Kota Semarang. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional, 839–847.

Napisah, E. Z. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Siswo Bangun Kecamatan Seputih Banyak. IAIN Metro.

Nisrina Najikhah, Akhdinirwanto, R. W., & Ashari, A. (2021). Perancangan Alat Peraga Kincir Air Berbasis Android Dalam Pembelajaran Fluida Dinamis. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(1), 9–17. https://doi.org/10.37729/jips.v2i1.585

Nuryadi, N. (2018). AlphaMath. May 2017.

Nuryati, A. E., Tryanasari, D., & Suprapti, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 2(2), 20–37.

Retnawati, H., Kartowagiran, B., Hadi, S., & Hidayati, K. (2011). Identifiction of Student’S Learning Difficulties on Mathematics and Science At Elementary School. Jurnal Kependidikan, 41(2), 162–174.

Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika [The Development of Mathematics in Philosophy and the School of Formalism Contained in Mathematical Philosophy]. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(02), 17–22.

Solichah Imroatus. (2014). No Title Alat Peraga Untuk Pelajar Tunarungu: Penggunaan Bentuk Dua Dimensi Bangun Datar Pada Siswa Tunarungu (Hanif Abu (ed.)). Media Guru.

Suliani, M. (2020). Persepsi siswa terhadap penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 92–100.

Suripah, S., Firdaus, F., & Novilanti, F. R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Terintegrasi Nilai Karakte. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 547–559. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1247

Zana, F. M., Sa’dijah, C., & Susiswo, S. (2022). LOTS to HOTS: How do mathematics teachers improve students’ higher-order thinking skills in the class? International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(3), 251–260.

Downloads

Published

2024-12-28