Rumah adat keraton tanjung raya belitang: eksplorasi etnomatematika

Authors

  • Nurjanah Nurjanah Universitas Muhamamdiyah Lampung
  • Fitria Lestari Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Suryatul Aini Asyhara Universitas Muhamamdiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32332/exjdny09

Keywords:

Etnomatematika, Rumah Adat Keraton Belitang

Abstract

Salah satu materi matematika yang wajib dipelajari di sekolah ialah geometri. Namun, masih banyak siswa yang menganggap geometri sulit, sebab jauh dari budaya sekitar. Upaya yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan hal tersebut yaitu dengan mengaitkan geometri dengan budaya sekitar, salah satunya dengan Rumah adat Keraton Tanjung Raya Belitang. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dan mendeskripsikan ornamen yang terdapat pada struktur bangunan Rumah Adat Keraton Tanjung Raya Belitang yang mengandung konsep geometri dengan pembelajaran berbasis etnomatematika. Metode penelitian yang digunakan ialah eksploratif deskriptif. Instrumen pegumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh akan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh infomasi bahwa Rumah Adat Keraton Tanjung Raya Belitang pada struktur bangunannya mengandung konsep-konsep geometris yang terdiri dari: (1) konsep geometri yang terdiri dari bangun datar 2 dimensi yaitu (persegi, persegi panjang, segitiga), bangun 3 dimensi yaitu (limas, tabung, kerucut, balok) dan besaran sudut, (2) konsep refleksi. Kesimpulannya pembelajaran matematika yang mengintegrasikan budaya lokal menjadikannya lebih bermakna, karena tidak hanya menjadi kebaharuan pembelajaran matematika tetapi juga menumbuhkan apresiasi yang mendalam terhadap warisan budaya sekitar.

Author Biographies

  • Nurjanah Nurjanah, Universitas Muhamamdiyah Lampung

    Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhamamdiyah Lampung

  • Suryatul Aini Asyhara, Universitas Muhamamdiyah Lampung

    Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Lampung

References

Abbas, A., Muhtadin, A., & Jalung, K. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri Datar dan Ruang pada Pakaian Adat Suku Dayak Kenyah. Kognitif, 4(1), 137-150.

Ainurrizqi, M. Etnomatematika pada Bangunan Masjid Agung Al-Jami Pekalongan Sebagai Sumber Belajar Geometri. Skripsi. (Pekalongan: Universitas Islam Negeri Abdurrahman Wahid Pekalongan, 2024).

Andriliani, L., Amaliyah, A., Prikustini, V. P., Daffah, V. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika pada Materi Geometri. Sibatik Journal, 1(7), 1169-1178.

Assidiqi, H., & Atiah. (2024). Etnomatematika Rumah Adat Betang Suku Dayak Kalimantan Tengah. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(2), 321-335.

Cahayaningrat, P. W., Pratiwi, N. W. D. A., Alvionitha, N. P. M., & Srinadi, I. G. A. M. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Monumen Perjuangan Rakyat Bali. Journal on Education, 6(2), 12651-12659.

Dewi, N. S., Rochmiatun, E., & Padila. (2024). Marga Belitang dalam Pemerintahan Onder Afdeeling Komering Ulu: Dinamika Sosial dan Budaya. Tanjang, 4(1), 40-56.

Dewi, R. P., & Sukardi, dan Fansyuri, M. (2020). Perkembangan Sosial Budaya Suku Jawa di Desa Kapasan Tegalrejo BK X Kecamatan Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah. Kalpataru, 6(2), 102-109.

Faiziyah, N., Sutama, Sholihah, I., Wulandari, S., & Yudha, D. A. (2020). Enhancing Creativity Through Ethnomathematics. Universal Journal of Educational Research, 8(8), 3704-3710.

Faozan, D., & Kusno. (2024). Eksplorasi Geometri Bangun Ruang Wisata Religi Mandala Giri di Gunung Srandil. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(1), 52-57.

Fauzi, L. M., Hanum, F., Jailani, & Jatmiko. (2022). Ethnomathematics: mathematical Ideals and Educational Values on The Architecture of Sasak Traditional Residence. International Journal of Evalutation and Research in Education (IJERE), 11(1), 250-259.

Febriana, R., Kurniasih., Setyaningsih, E., & Maharini, O. P. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Tugu Jogja. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-48.

Fitria, A., Putri, A. S., Ma’ruf, E. A., Aliyah, H., Sintyaningsih, Vionica, Z., & Wulantina, E. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Tigas Candi Trimukti pada Kompleks Candi Prambanan. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 88-97.

Hariastuti, R. M. (2018). Kajian Konsep-Konsep Geometris dalam Rumah Adat Using Banyuwangi Sebagai dasar Pengembangan Kontekstual Berbasis Etnomatematika. Juenal Aksioma, 7(1), 13-21.

Hendriyanto, A., Priatna, N., Juandi, D., Dahlan, J. A., Hidayat, R., Sahara, S., & Muhaimin, L. H. (2023). Learning Mathematics Using an Ethnomathematics Approach: A Systematic Literature Review. Journal of Higher Education Theory and Practice, 23(7), 59-74.

Ilham, A. N., & Sofyan, A. (2012). Tipologi Bangunan Rumah Tinggal Adat Sunda di Kampung Naga Jawa Barat. Jurnal Tesa Arsitektur, 10(1), 1-8.

Islamiati, N., & Purnamansyah. (2024). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika: Kajian Analisis Geometri Rumah Adat Uma Lengge. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(1), 247-252.

Kadir, A. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Geometri pada Rumah Adat Aceh. Aritmatika, 4(2), 85-95.

Laukum, M., Rosmiati, Sedia, M. E., Khadijah, & Hindi, A. N. A. M. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Konsep Segitiga dalam Rumah Adat Bugis -Makassar. Kognitif, 4(1), 44-56.

Lestari, F., Antonio, J. P., Efendi, D., Noprisa, N., & Yeni, E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Jarimatika dengan Metode Drill Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika: Materi Perkalian Dasar. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 259-267.

Loviana, S., Islamuddin, A. M., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Merliza, P. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis dan Rumah Adat Lampung. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94-110.

Marian, F., & Saputra, D. R. (2023). Etnomatematika pada Menara Siger Lampung Sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. JIPMat, 8(2), 191-200.

Meyundasari, M. D., Hastuti, I. D., Syaharuddin, & Mehmood, S. (2024). The Geometric Concepts of a Istana Dalam Loka Traditional House: An Ethnomathematics Study. Jurnal Elemen, 10(2), 305-323.

Muftiyah, S., & Sudihartinih, E. (2024). Etnomatematika pada Ornamen Masjid Agung Kota Sukabumi. Pedagogy, 9(1), 92-108.

Muslim, A., Septiani, R. I., Herson, R. F., & Dasyalami, M. G. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid As-Su’ada Universitas NU Kalimantan Selatan Ditinjau Dari Aspek Geometri dan Kaitannya Terhadap Pembelajaran. Nusantara Journal of Education and Social Science, 1(1), 18-24.

Nirawati, R., Darhim, Fatimah, S., & Juandi, D. (2022). Students’ Ways of Thinking on Geometry. Jurnal Didaktik Matematika, 9(1), 59-77.

Noprisa, Lestari, F., Hardianti, D., Desmayanasari, D., Aini, S., Rizko, D., & Kurnia, E. (2024). Traditional House of Lampung Kedatuan Keagungan: Ethnomathematics Exploration. Inovasi Matematika (Inomatika), 6(1), 1-18.

Nurhasanah, W. F., & Puspitasari, N. (2022). Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 27-38.

Prahmana, R. C. I. (2020). Learning Geometry and Values from Patterns: Ethnomathematics on the Batik Patterns of Yogyakarta Indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456.

Pratama, S. Makna Simbolik dalam Proses Pemberian Gelar Adat Lampung Pepadun (Etnografi Komunikasi pada Masyarakat Desa Tanjung Jaya Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Skripsi. (Palembang: Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, 2020).

Putra, R. W. Y., Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 9-14.

Rahmah, L. F., & Kusno. (2024). Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri pada Bangunan Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga. Jurnal Derivat. 11(1), 29-37.

Rawani, D., & Fitra, D. (2022). Etnomatematika: Keterkaitan Budaya dan Matematika. Jurnal Inovasi Edukasi, 5(2), 19-26.

Ridha, A. R., & Komalasari. (2024). Kajian Etnomatematika pada Arsitektur Bangunan Rumah Melayu Pontianak Tampak Samping Kiri dalam Meningkatkan Pemahaman Geometri Bangun Datar dan Bangun Ruang Sisi Datar. Al-‘Adad: Jurnal Tadris Matematka, 3(1), 91-99.

Saputra, D. R., Lestari, F., & Noprisa. (2024). Penerapan Media Tic Tac Toe Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Pecahan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 5(1), 19-27.

Sari, A. K., Budiarto, M. T., & Ekawati. (2022). Ethnomathematic Study: Cultural Values and Geometric Concept in The Traditional “Tanean-Lanjang” House in Madura- Indonesia. Jramathedu, 7(1), 46-54.

SIlitonga, C., Mawaddah, S. S., Munthe, A., & Suryani, D. (2023). Analisis Kurangnya Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 066653 Kec. Medan Helvetia. Jurnal Ilmiah Multidisplin, 1(2), 28-33.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantutatif, Kualitatif Dan R&D. Jakart: Alfabeta.

Wardoyo, C. T. P., Gomes, L. V. A., & Rudhito, M. A. (2024). Etnomatematika pada Rumah Adat Honai Suku Dani dan Implementasinya dalam Rancangan Pembelajaran Matematika. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 11(1), 92-100.

Wulantani, E., & Maskar, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Lampung. Pendidikan: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 71–78.

Downloads

Published

2024-12-27