Analisis kemampuan representasi matematis siswa pada materi teorema pythagoras menggunakan model collaborative problem solving
DOI:
https://doi.org/10.32332/1dgt2k56Keywords:
Kemampuan Representasi Matematis, Collborative Problem Solving, Teorema PythagorasAbstract
Salah satu topik yang penting dalam pembelajaran matematika adalah Teorema Pythagoras, yang memerlukan kemampuan representasi matematis yang baik agar siswa dapat memecahkan masalah dengan tepat. Model pembelajaran Collaborative Problem Solving (CPS) telah diakui sebagai pendekatan yang dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan berpikir kritis melalui kerja sama dan interaksi antar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras menggunakan model pembelajaran collaborative problem solving. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Plus Nurul Iman. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan representasi matematis dan lembar observasi proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk menggambarkan kemampuan representasi matematis siswa, serta menganalisis efektivitas model pembelajaran CPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CPS mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras, terutama dalam aspek representasi gambar, simbol dan verbal. Siswa yang belajar dengan model CPS cenderung lebih aktif dalam berdiskusi dan bekerja sama dalam menyelesaikan masalah, sehingga lebih mampu mengintegrasikan berbagai bentuk representasi matematis. Meskipun demikian, representasi verbal masih menjadi tantangan bagi beberapa siswa.
References
Abdurahman, M R., Haryadi, D R, Inayah, S., & Lutfi, A. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Kesebangunan dan Kekongruenan. SIGMA DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Matematik, 11(2), 89-100.
Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media
Trianto. 2018. Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Grafika
Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektivan PBL Dan IBL Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 1(2): Halaman 227-240.
Graesser, A. C.-T. (2018). Andvancing The Science Of Collaborative Problem Solving. Psychological Science In The Public Interest, 19(2), 59-92.
Hamidy. A., J. ,. (2019). Kemampuan Proses Matematis Siswa Kalimantan Timur Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133-149.
Hartini, L., Zainuddin, & Sarah, M (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 69-82
Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan, 3(5), 603-607.
Indriyani., Ahied, M.,& Rosidi, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bencana Alam. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika,1(1), 8-19.
Huda. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran . Pustaka Pelajar.
Koyimah, R S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematika dalam Penyelesaian Soal Cerita Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Plampangrejo. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Lestari, T. (2015). Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuhamedika
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 28-33.
Masfufah, R., & Afrinsyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika , 291-300.
Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112.
Mufidah, A. G. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. 3.
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110.
Nahdi, D. S. (2017) Self Regulated Learning Sebagai Karakter Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Theorems, 2(1), 20-27.
Nahdi, D. S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).
Nuraeni, N., Assaibin, M., & Syah, A. (2021). Pengaruh Model Collaborative Problem Solving Dengan Strategi Writing In Performance Tasks (WIPT) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Journal Peqruruang , 450-458.
OECD. (2019) PISA 2018 Asessment And Analitycal Framework PISA Paris: OECD Publishing.
Pangestika, B. S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Patikraja.
Priansa, D. J. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Collaborative Problem Solving.Bandung: Pustaka Setia.
Prihadi, S. (2017). Penguatan Ketrampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi , 45-50.
Puadi, E. F., Umbara, U., Munir, & Susilana, R. (2019). Uji Asosiasi Antara Kemampuan Representasi Dan Kemampuan Penalaran Matematis Pada Konsep Penyajian Data. Seminar Nasional Pendidikan , 28-32.
Rangkuti, F. (2014) Manajemen Strategi, Edisi 10. Jakarta: Salemba 4
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33-44.
Samosir, B. S., & Lubis, J. S. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pendekatan Collaborative Problem Solving. Ed-Humanistics, 4(1), 444-449.
Saputri, M. D., & Maskudi. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Baki. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(5), 1-8.
Setiaji, A. B. (2016). Pengaruh Model Collaborative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Setiawan, H., Diah, N., & Lestari, S. (2014). Soal Matematika Dalam PISA Kaitannya Dengan Literasi Matematika Dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi . Prosiding Seminar Nasional Matematika , 244-251.
Sisna. (2023). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Self-Confidence Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Palopo: Institut Agama Islam Negeri Palopo
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234.
Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal E-Dumath, 3(1).
Syahdi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa MI Kota Bengkulu Melalui Pembelajaran CMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 73-78.
Tonra, W. S. (2021). Analisis Kesalahan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 192-206.
Ummah & Fathani, A. H. (2018). Kesalahan Konstruksi Konsep Matematika Dan Scalffolding. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 162-171.
Warsono. (2015). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen.Yogyakarta: ArRuz Media
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Farida Rahman, Ryan Nizar Zulfikar, Maria Martini Aba, Uke Ralmugiz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.