Pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan matematika siswa
DOI:
https://doi.org/10.32332/dswz9687Keywords:
Kecemasan Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based LearningAbstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dikarenakan proses pembelajaran yang masih menggunakan pembelajaran konvensional dan rasa cemas yang berlebih saat menyelesaikan masalah matematika. Model Problem Based Learning adalah pembelajaran yang mampu melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan mengatasi kecemasan matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 29 Jakarta pada tahun ajaran 2023/2024. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol yang dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah berupa soal uraian dan angket kecemasan matematika. Hasil penelitian menunjukkan 1) model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah 2) model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kecemasan matematika siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kecemasan matematika sebesar 19,8%.
References
Agussantri, R., Zulkarnain, Z., & Armis, A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education (AJME), 2(1), 1–14. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16306
Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI LINGKARAN. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3(1), 224–231. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3355
Annisa, N. F., Kadir, & Dimyati, A. (2022). Pengembangan Instrumen Determinasi Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika. ALGORITMA Journal of Mathematics Education, 4(2), 149–169. https://doi.org/10.15408/ajme.v4i2.29392
Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3355
Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Model Pembelajaran Problem Posing & Solving: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah (Pertama; H. Wijayanti, ed.). Sukabumi: CV Jejak.
Fauza, A., Napitupulu, E., & Khairani, N. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dan Pembelajaran Ekspositori. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 61–67. https://doi.org/10.24114/paradikma.v13i3.22918
Harber, A., & Richard P, R. (1984). Psychology of Adjustment. Dorsey Press.
Hermawati, Jumroh, & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mushrofa: Jurnal Pendidikan Matemtika, 10(1), 141–152. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.648
Jayantika, I. G. A. N. T., Parmithi, N., & Purwaningsih, D. N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 276–287. https://doi.org/10.5281/zenodo.4362651
Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 181–190. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2006
Mariani, Y., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Mea (Means Ends Analysis). Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 13–26. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9566
Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12
Mullis, I. V. ., Martin, M. O., Foy, P., & Hopper, M. (2016). Timss 2015 International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center, 1–971.
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston: NCTM.
Ngesti, N. A., Nusantara, T., & Sukoriyanto, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(4), 833–848. https://doi.org/10.28926/briliant.v6i4.691
Nst, M. B., Surya, E., & Khairani, N. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1533–1544. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2291
Patmara, R., Wahyudin, A., & Susilaningsih, E. (2019). Implementation of Problem-Based Learning Model with Ethnomathematics Nuance Towards Students’ Problem-Solving Ability and Mathematics Anxiety. Journal of Primary Education, 8(5), 188–196. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v9i2.31350
Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Viii Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74–87. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Putra, I. P. (2023). Kaleidoskop Pendidikan 2023 : Peringkat PISA 2022 Naik, Tapi Skor Turun. Medcom.Id.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Kelima). Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. PLUS MINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amalia Nurofah, Gelar Dwirahayu, Gusni Satriawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.