EKSPLORASI DINAMIKA GENDER DAN PUBERTAS REMAJA PEREMPUAN DALAM FILM TIGER STRIPES
DOI:
https://doi.org/10.32332/jzh9pd61Keywords:
Exploration, Gender Dynamics, Puberty, Film, Tiger StripesAbstract
Film is a medium that can offer a unique perspective on various realities around us. Tiger
Stripes is a film from Malaysia which tells the story of a teenage girl who experiences physical
and emotional changes during puberty in the horror drama genre. This research aims to
analyze how gender dynamics and the experience of puberty are represented in films. Through
Roland Barthes' semiotic analysis to explore the various meanings behind film visuals and
narratives, from the level of denotation, connotation and myth. The research results show that
Tiger Stripes not only depicts the biological changes experienced by the main character, but
also psychologically in dealing with environmental responses which are socially constructed
as gender biased. The use of natural and supernatural elements creates tension between
individual identity and normative social expectations. Additionally, Tiger Stripes effectively
uses signs to build a narrative that challenges gender stereotypes and puberty in teenage girls.
So this gives room for a more complex interpretation of female puberty. This research not only
contributes to the understanding of gender representation in the media, but also serves as a
medium for criticism of the social norms that shape the identity of teenage girls.
Keywords: Exploration, Gender Dynamics, Puberty, Film, Tiger Stripes
Abstrak
Film merupakan medium yang dapat menawarkan perspektif unik tentang berbagai realitas
sekitar kita. Tiger Stripes adalah film asal Malaysia berkisah tentang seorang remaja perempuan
yang mengalami perubahan fisik dan emosional selama masa pubertas dalam balutan genre
drama horor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana dinamika gender dan
pengalaman pubertas direpresentasikan dalam film. Melalui analisis semiotika Roland Barthes
untuk mengeksplorasi berbagai makna di balik visual dan narasi film, dari level denotasi,
konotasi, dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tiger Stripes tidak hanya
menggambarkan perubahan biologis yang dialami oleh tokoh utama, tetapi juga psikis dalam
menghadapi respon lingkungan yang secara konstruksi sosial digambarkan bias gender.
Penggunaan elemen-elemen alam dan supranatural, menghadirkan ketegangan antara
identitas individu dan harapan sosial yang normatif. Selain itu, Tiger Stripes secara efektif
menggunakan tanda-tanda untuk membangun narasi yang menantang stereotip gender dan
pubertas pada remaja perempuan. Sehingga hal tersebut memberi ruang bagi interpretasi yang
lebih kompleks tentang pubertas perempuan. Penelitian ini tidak hanya memberikan
kontribusi pada pemahaman tentang representasi gender dalam media, namun juga menjadi
medium kritik terhadap norma-norma sosial yang membentuk identitas perempuan remaja.
Keywords: Eksplorasi, Dinamika Gender, Pubertas, Film, Tiger Stripes
References
Alam, A. J., & Syamsuriati. (2020). Peran Guru Pembimbing dalam Membantu
Siswa Menjalani Masa Pubertas di SMK Negeri 1 Barru. Jurnal
Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 62–69.
Ariansah, M. (2008). Film dan Estetika Film dan Estetika. Imanji, 4, 1–8.
Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti
Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri
Ilmu Sosial, 1(2), 74. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462
Azizah, W., & Teck, L. A. (2020). Malaysia baru 2018. Jabatan Penerangan.
Hall, S. (1997). Representation: Cultural Representatuons and Sygnifying Practices.
Sage Publications Ltd.
Harahap, A., & Wahyuni, H. (2021). Studi Islam Dalam Pendekatan Gender.
Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 05(1), 47–63.
Harigelita, D., Tandian, E. A., & Sari, N. (2020). Representasi Gender dalam
Film Dua Garis Biru (2019). Urban: Jurnal Seni Urban, 3(2), 121–140.
https://doi.org/10.52969/jsu.v3i2.36
Hasnan, M. N. (2023). Peran Ayah Dalam Mendidik Anak. SETARA: Jurnal
Studi Gender Dan Anak, 5(2), 69–83.
IMDb. (2023). Tiger Stripes. IMDb.
Kurniawati, N., & Nurmayati, M. W. (2021). HUBUNGAN TINGKAT
PENGETAHUAN TENTANG PUBERTAS DENGAN SIKAP
MENGHADAPI PERUBAHAN FISIK PADA REMAJA AWAL Nindya
Kurniawati, Mega Wahyu Nurmayanti. 1.
Liyani, W., & Hanum, F. (2019). Street Harassment: Catcalling Sebagai Salah
Satu Bentuk Pelecehan Seksual Terhadap Perempuan Di Yogyakarta.
Jurnal Pendidikan Sosiologi, 2–27.
Nopiah, J., Addli, M. A., & Osman, M. (2023). Cerminan Kuasa Melalui
Peribahasa Melayu Yang Berobjekkan ‘Gajah’ Dan ‘Harimau.’
RENTAS: Jurnal Bahasa, Sastera Dan Budaya, 2(1), 241–266.
https://doi.org/10.32890/rentas2023.2.11
Nurbayati, Nurjuman, H., & Mustika, S. (2019). Konstruksi Media Tentang
Aspek Kemanusiaan pada Poligami: Analisi Isi Terhadap Film Surga
yang Tak dirindukan. Jurnal Riset Komunikasi, Vol 8(No 2), Hal 103-124.
Pinontoan, N. A. (2020). Representasi Patriotisme Pada Film Soegija (Analisis
Semiotika John Fiske). Avant Garde, 8(2), 191.
https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1226
Rachman, R. F. (2014). REPRESENTASI DISKRIMINASI ETNIS TIONGHOA
DALAM FILM BABI BUTA YANG INGIN TERBANG. Kanal Jurnal
Ilmu Komunikasi, 2(2008), 1–23.
Rachman, R. F. (2020a). Ketamakan dalam Film" Parasite". Jurnal Spektrum
Komunikasi, 8(1), 11–21.
Rachman, R. F. (2020b). Representasi Dalam Film. Jurnal Paradigma Madani, 7(2).
Red, T. U., Semiotika, A., Barthes, R., Ilmu, F., Universitas, S., Negeri, I., &
Utara, S. (2023). 3 1,2,3. 2(1), 1175–1188.
Rosita, R., Ikawati, N., & Saleh, S. (2023). Penyuluhan Tentang Pubertas Dalam
Menghadapi Perubahan Fisik Pada Remaja. JMM (Jurnal Masyarakat
Mandiri), 7(1), 213. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11982
Sudarsono. (2012). Kenakalan Remaja. Rineka Cipta.
Sulthoni. (2023). Sinopsis Film Tiger Stripes yang Menang Cannes Critics Week.
Tirto.Id.
Vera, N. (2022). SEMIOTIKA DALAM RISET KOMUNIKASI ( yayat S. Hayati
(ed.); 1st ed.). Rajawali Pers.
Youtube Film Musik Media. (2018). Video Tutorial Penulisan Skenario. Film Musik
Media.
Youtube La Semaine de la Critique. (2023). Interview - Amanda Nell Eu, director of
TIGER STRIPES. La Semaine de La Critique.
Yulita, C., Devitasari, I., & Delika, M. (2022). Gambaran Menarche pada Remaja
Siswi di Sekolah Menengah Pertama Negeri-14 Palangka Raya. Jurnal
Surya Medika, 8(2), 50–56. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i2.3856
Zubeir, R. (2016). Abstract : 7
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eko Pebryan Jaya, feny Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.