Program Wadul Bae (Warga Peduli Bocah Lan Emboke) Sebagai Upaya Menekan Tingkat Kekerasan Seksual Pada Anak di Kota Cirebon

Authors

  • Wardah Nuroniyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32332/jsga.v4i01.5018

Keywords:

Kota Layak Anak, Kekerasan, Wadul Bae

Abstract

Kekerasanseksualdapatterjadikepadasiapapuntidakmemandang tua maupunmuda.Tentunyaisukekerasanseksualsudahtidakasinglagidalam deretankasuskejahatan,khususnyadiIndonesia.Kejahatan seksualyang mendominasidiIndonesiaadalah kekerasan seksualpadaanak,yang semakin marakterjadisetiap tahunnya.Jawa Baratmerupakanprovinsiyangmemilikitingkatkasus kekerasanseksualpadaanakcukuptinggidanmemprihatinkan.Hal inijelas mengindikasikan bahwamasihbanyak diskriminasiyang dialami olehanakdinegeri ini. Kota Cirebon denganmendapatkanpenghargaanKotaLayakAnak,hal tersebutsebagaisalah satubuktinyatakeberhasilan Pemerintah Daerah KotaCirebonyang dibantuolehelemen-elementerkait,salahsatuelemen yang mempunyaiperanan besaradalahPusat Pelayanan Terpadu PerlindunganTerhadapAnakdan Perempuan(P2TP2A)Kota Cirebon dalam  programnya yaitu  Kader  Wadul  Bae  (WargaPeduli  Bocah Lan Mboke). Programyangtelahdirintissejaktahun2005hingga saatini merupakan layanan terpadu untuk penanganan kasus kekerasan terhadap anak dan perempuanyangterintegrasi diDinas Sosial Pemberdayaan Perempuandan PerlindunganAnak(DSPPPA)KotaCirebon danPusat Pelayanan Terpadu Perlindungan PerempuandanAnak(P2TP2A)Kota Cirebon,program Wadul Baemerupakan layanan terpadu untukpenanganankasus kekerasan terhadapperempuandananak.ProgramWadulBaejugaadalahsuatuwadah kepedulian wargaakanhak-hak anakyang adadiwilayahnya.Tujuandari programWadulBaeiniantara lainuntukmelindungi perempuandananakdarikekerasanditingkatRTRW danKelurahandi Kota Cirebon, membantumenyelesaikanmasalah,danmengurangiangka kekerasan terhadapperempuan dan anak diKotaCirebon.

References

F. DaftarPustaka

Andreasen R. Alan. 2002. Marketing SocialMarketing in the Social Change

Marketplace,dalamJournalPublicPolicyandMarketing,Volume2,No1

Tahun 2002.United States : EBSCO. Halaman 1-12

Anissa SariE.2017.StrategiKomunikasiPemasaranSosialBadanNarkotika NasionalKabupaten Sleman TerkaitPencegahanNarkobaDiKalangan Remaja.Yogyakarta: Universitas MuhammadiyahYogyakarta

Asyari Yusuf. 2017, Maret11. Dinas PendidikanGalakan Program Maghrib

Mengaji. Diakses darihttps://www.jawapos.com/padatanggal 14 Maret 2018

BaehaqiImamAhmad.2017,Desember20.85SiswaSDdanSMPdiCirebonRaya Jadi Korban Kekerasan Seksual.Diaksesdari http://www.tribunnews.com/regionalpadatanggal 4 Januari2018.

Bensley RdanFisherJ.2009.MetodePendidikanKesehatanMasyarakatEdisi2.

Jakarta: EGC

Bessette, Guy.2004.Involvingthe Community : AGuide toParticipatory DevelopmentCommunication. Penang, Malaysia : Southboundand International Development Research Centre

CahyonoSofyan.2017,Desember,27.126DaerahRaihPenghargaanKotaLayak

Anak.diaksesdari www.jawapos.com, padatanggal 15 Maret 2018

Danim, Sudarwan. 2002.Menjadi PenelitiKualitatif. Bandung:PustakaSetia

DavidR.Fredd.2011.StrategicManagementManajemenStrategiKonsepBuku1, Edisi12. Jakarta:SalembaEmpat

DenzinK.N danLincolnS.Y. 2011.The Sage Handbook ofQualitative Research (EdisiKetiga) [TheSageHandbookofQualitativeResearch(ThirdEdition)], Cetakan I.Yogyakarta:PustakaPelajar

Djangkung, Vivick J. 2010. StrategiKomunikasi Pemasaran Sosial Kampung BebasNarkoba PadaBadanNarkotikaNasional(StudiKasus:Pemberdayaan MasyarakatdiKomplek PermataKampungAmbonKelurahanKedaungKali AngkeKecamatanCengkareng JakartaBarat), dalamJurnalKomunikasidan RealitasSosial,Volume1Nomor1Tahun2010.Jakarta:Neliti.com.

Effendy,OnongUchjana.2003.Ilmu,teoridanfilsafatkomunikasi.Bandung:Citra

AdityaBakti

Fazri2017,Maret,26.Waspada,Sudah1.249KasusKekerasanAnakTerjadidi

JawaBarat.Diaksesdarihttps://radarCirebon.compadatanggal17Desember

2017

Fazry2016,Agustus,31.RSUDGJDeklarasiStopKekerasanPadaAnakdan

Perempuan.Diaksesdarihttps://radarCirebon.com padatanggal14Maret2018

HadariNawawi.1998.MetodePenelitianBidangSosial.Yogyakarta:GadjahMada

UniversityPress

Herimanto,Rumanti&Indrojiono.2007.PublicRelationsDalam Organisasi.

Yogyakarta: Santusta

http://bp3akb.jabarprov.go.id/tag/three-ends/,diakses padatanggal 14 Maret 2018

https://www.facebook.com/pg/ZCTeam/about/,http://www.zakatcenter.org/, diakses padatanggal 12Februari 2018

http://pusat.baznas.go.id/profil/,diakses padatanggal 12Februari 2018

https://www.rumahzakat.org/tentang-kami/,diaksespadatanggal12Februari2018

Kotler,Philip&NancyLee.2007.MarketinginThePublicSectoraRoadmapto

ImprovePerformance.New Jersey: Pearson EducationInc

Kotler,PhilipdanL.Roberto,Equardo.1989.SocialMarketing:Strategisfor

Changing Behaviour.New York: TheFreePress

Kotler,PhilipdanGary,Amstrong.1991.Dasar-DasarPemasaran:Jilid1.Jakarta

: CVIntermedia

Lanning,B.,&Massey-Stokes, M. 2006.Child sexual abuseprevention.

ProgramsinTexasaccreditednon-publicschools.AmericanJournalofHealth

Studies, 21, 36-43. Diakses dariwww.biomedsearch.compada tanggal 11

Januari 2018

Mukhtar. 2013.MetodePenelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group

NanaSyaodih Sukmadinata. 2009. MetodePenelitian Pendidikan. Bandung:RemajaRosdakarya

Nur Hastuti Tri.2004. Komunikasi Pemasaran Sosial Non-Goverment

Organization(NGO)untukIsu-IsuAntiKekerasanterhadapPerempuan(Studi

KasusKampanyeAntiKekerasanTerhadapPerempuan CutNyakDien Yogyakartadan Solidaritas PerempuanuntukHakAsasiManusia Surakarta), dalamjurnalportugalVolume1Nomor 1Tahun2004.Universitas MuhammadiyahYogyakarta. Halaman 143-160

NugrohoRiant.2003.KebijakanPublik:Formulasi,ImplementasidanEvaluasi.

Jakarta: ElexMedia Komputindo

Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis

Reorientasi, Konsep, Perencanaan, Strategis Untuk Menghadapi Abad ke

21.Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama

Rangkuti,Freddy.2009.TeknikMembedahKasusBisnisAnalisisSWOTCara

PerhitunganBobot, Rating, danOCAI.Jakarta:PT GramediaPustakaUtama

RizalBomantama(2017,Desember,27).KekerasanSeksualDominasiKekerasan

Terhadap Anakdi Tahun 2017.Tribunnews.com/nasional pada tanggal 9

Februari 2018

Robert E Slavin. 2009.CoorperativeLearning:Teori, Riset dan Praktik. Bandung: NusaMedia

Ruslan Rosady. 1998. Manajemen PublicRelations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi.Jakarta:PT. RajaGravindo Persada

Ruslan Rosady. 2003. Manajemen PublicRelations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta:PT. RajaGravindo Persada

Rulam Ahmadi. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz

Media

Silalahi Ulber.2009.MetodePenelitian Sosial, Cetakan kesatu.

Bandung:PT Refika Aditama

SmithA.W.2006.SocialMarketing:Anoverviewofapproachandeffect.London, United Kingdom :BMJPublishingGroup

TjiptonoFandy.2000.StrategiPemasaranEdisike2Cetakanke4.Yogyakarta: Andi

Unnas.Y. I. 2015, September,11. Stop KekerasanSeksual!. Diakses darihttps://radarCirebon.compadatanggal 17 Desember 2017

Utama,Abraham. 2016, Mei, 11. Cirebon DisebutDarurat Kejahatan Seksual

TerhadapAnak.Diaksesdarihttps://www.cnnindonesia.com padatanggal9

Desember 2017

Venus,Antar.2012.ManajemenKampanye:PanduanTeoritisdanPraktisdalam

MengefektifkanKampanyeKomunikasi.Bandung:SimbisosaRekatamaMedia

Wurtele, S.K &KennyC. M (2010).Child Sexual Abuse Preventation : Choosing, ImplementingandEvaluatingaPersonalSafetyProgramfor Young Children. Diunduh dari www.researchgate.net padatanggal11 Januari 2018

Widodo,Joko. 2001.GoodGovernance:TelaahDariDimensiAkuntabilitas, KontrolBirokrasiPasa Era DesentralisasidanOtonomi Daerah.Surabaya:Insan Cendekia

https://www.kla.id/,diakses padatanggal 15 Maret 2018

Yusuf Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif &Penelitian

Gabungan.Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2022-08-08 — Updated on 2022-08-08

Versions