PERAN DAN FUNGSI KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN PENDIDIKAN ANAK DITENGAH PANDEMI COVID-19

Authors

  • zezen zainul ali
  • Elfa Murdiana

DOI:

https://doi.org/10.32332/jsga.v2i01.2379

Keywords:

Kata Kunci : Fungsi, Peran, Pendampingan, Keluarga

Abstract

Anak adalah harta yang terpenting dalam sebuah keluarga yang selalu diidamkan oleh orang tua dan menjadi kebanggaan bagi mereka karena anak akan menjadi penerus yang akan menjadi tumpuan dan harapan kedua orang tua dimasa yang akan datang. maka tak heran banyak orang tua yang mengekolahkan anak-anak mereka agar harapan itu tercapai. Dalam keadaan normal anak dididik dilembaga formal yang menyelenggarakan pendidikan, namun disaat pendemi COVID-19 yang sedang mewabah di Indonesia khususnya, mengakibatkan anak harus belajar dari rumah, dan disinilah peran dan fungsi keluarga akan sangat penting dalam mendampingi proses belajar anak ditengah pandemi dan memberi dorongan kepada agar senantiasa tetap belajar. Tulisan ini akan menganalisa peran dan fungsi keluarga dalam proses pendampingan belajar ditengah pandemi COVID-19, penellitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara secara langsung, yang makan akan menemukan hasil dari peran dan funngsi keluarga ditengah pandemi, penelitian ini akan sangat bermanfaat bagi para keluarga sebagai referensi dalm proses pendampingan belajar anak dirumah ditengah pandemi COVID-19.

References

DAFTAR PUSTAKA
Buku
Abu ahmadi, Sosiologi pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2007.
Elvida Sapitri, Pembagian Peran Anatara Suami Isteri dan Implikasinya Terhadap Keharmonisan Keluarga,(Aceh : UIN Ar-Raniry, 2017).
Kamus Besar bahasa Indonesia, Edisi kedua. Jakarta : Balai Pustaka, 1995.
Mardiya,Kiat Kiat Khusus Membangun Keluarga Sejahtera ,Jakarta: BKKBN Pusat. 2002.
Moerti Hadiati Soeroso, Kekerasan Dalam Rumah Tangga Dalam Pespektif YuridisVitimologi, Jakarta: Sinar Grafika, 2010.
Jurnal dan Website
Dyah Purbasari Kusumaning Putri dan Sri Lestari,” PEMBAGIAN PERAN DALAM RUMAH TANGGA PADA PASANGAN SUAMI ISTRI JAWA” dalam Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 16, No. 1, Februari 2015: 72-85.
ERNIHA, “PEMBAGIAN PERAN GENDER DALAM KELUARGA MASYARAKAT DESA” dalam Skripsi UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY, 2018.
MAISURI, “FUNGSI KELUARGA DALAM MENUNJANG KEBERHASILAN PENDIDIKAN ANAK” dalam Skripsi Universitas Teuku Umar, Aceh, 2013.
Misran Rahman, “Pendidikan Keluarga Berbasis Gender “ dalam Jurnal Musawa Vol. 7 No.2 Desember 2015 : 234 – 255.
https://nasional.kompas.com/read/2020/04/14/16152541/update-kasus-covid-19-di-indonesia-ada-4839-bertambah-282-orang diunduh pada 20 April 2020
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200312000124-134-482676/who-umumkan-virus-corona-sebagai-pandemi diunduh pada 14 April 2020
https://www.mohfw.gov.in/SocialDistancingAdvisorybyMOHFW.pdf Diunduh pada 15 April 2020
https://www.sehatq.com/artikel/covid-19-ditetapkan-sebagai-pandemi-apa-artinya diunduh pada 14 April 2020
https://www.sehatq.com/artikel/social-distancing-efektif-untuk-cegah-penyebaran-virus-corona-bagaimana-caranya di unduh pada 15 April 2020
Vina Fadhrotul Mukaromah, "WHO Gunakan Istilah Physical Distancing, Ini Bedanya dengan Social Distancing" dalam https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/01/061500965/who-gunakan-istilah-physical-distancing-ini-bedanya-dengan-social?page=2 di unduh pada 15 April 2020
Zezen Zainul Ali, “ Merealisasikan Pendidikan dimasyarakat Pedesaan Yang Berbasis Gender” dalam Jurnal Imu Sosial dan Ilmu Politik, Jilid 2, No. 1, 2013 : 38, 2
Zezen Zainul Ali, Darurat Sipil VS Karantina Wilayah, Mana yang Lebih Efektif?, dalam http://kronika.id/darurat-sipil-vs-karantina-wilayah-mana-yang-lebih-efektif/ di unduh pada 14 april 2020
Hasil Wawancara
Wawancara dengan Dwi Widiastuti, Ibu dengan anak kelas 2 SMP pada tanggal 21 April 2020
Wawancara dengan Eka Yuli, Ibu dengan 2 anak di TK Besar dan Kecil pada tanggal 15 April 2020
Wawancara dengan Elen Muna, Kakak dengan adik kelas 2 SMA pada tanggal 22 April 2020
Wawancara dengan Fitriatus, Kakak dengan adik kelas 6 SD pada tanggal 20 April 2020
Wawancara dengan Mulyani, Ibu dengan anak kelas 2 SMA pada tanggal 22 April 2020
Wawancara dengan Naslam, Bapak dengan anak kelas 2 SMA pada tanggal 22 April 2020
Wawancara dengan Nurjanah, Ibu dengan anak kelas 6 SD pada tanggal 20 April 2020
Wawancara dengan Sholikin, Bapak dengan anak kelas 6 SD pada tanggal 20 April 2020

Downloads

Published

2020-09-08

Issue

Section

Article