ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN TERHADAP MINAT MENJADI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA

  • Widya Hestiningtyas Universitas Lampung
  • Reza Andika Nurdiansyah Universitas Lampung
  • Yon Rizal Universitas Lampung

Abstract

Indonesia merupakan negara yang menerapkan sistem perekonomian Pancasila dengan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar penerapannya. Koperasi adalah badan usaha yang paling sesuai dengan landasan tersebut, salah satu bentuk koperasi di lingkungan perguruan tinggi adalah Koperasi Mahasiswa Universitas Lampung (Kopma Unila). Mahasiswa diharapkan dapat aktif dan mendukung kegiatan perkoperasian di Kopma Unila, namun nyatanya minat yang dimiliki masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan perkoperasian terhadap minat mahasiswa Universitas lampung menjadi anggota Kopma Unila. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif verifikatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan gambaran mengenai pengaruh variabel X terhadap variabel Y yang terjadi dengan menggunakan pendekatan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Lampung angkatan 2017-2019 sebanyak 17.718 mahasiswa dengan jumlah sampel yang digunakan sebesar 341 mahasiswa dengan menggunakan perhitungan Isaac-Michael. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan alokasi besarnya sampel masing-masing fakultas menggunakan teknik proportionated random sampling. Hasil analisis menunjukan adanya pengaruh pengetahuan perkoperasian terhadap minat mahasiswa menjadi anggota Kopma Unila sebesar 61,8%.

Published
2022-06-30
How to Cite
HESTININGTYAS, Widya; NURDIANSYAH, Reza Andika; RIZAL, Yon. ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN PERKOPERASIAN TERHADAP MINAT MENJADI ANGGOTA KOPERASI MAHASISWA. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 109-121, june 2022. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/view/4988>. Date accessed: 16 aug. 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.