Peran Pendidikan IPS Dalam Pembentukan Perilaku Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Era Abad 21

  • Muslim Muslim Universitas Sebelas Maret

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan IPS dalam pembentukan perilaku sosial dan tanggung jawab sosial di era abad 21. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kepustakaan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: 1)  Dalam membentuk perilaku sosial dan tanggung jawab sosial pada diri siswa pada mata pelajaran IPS dapat dikembangkan melalui kompetensi personal, kompetensi sosial dan kompetensi intelektual. 2) Kompetensi sosial yang dikembangkan ialah kesadaran dirinya sebagai anggota masyarakat sehingga perlu saling menghormati dan menghargai; toleransi, pemahaman dan kesadaran atas kesantunan hidup bermasyarakat dan berbangsa; kemampuan berkomunikasi dan kerjasama antara sesama; sikap prososial; kemampuan dan kepedulian sosial pada lingkungan; memperkokoh semangat kebangsaan, pemahaman tentang perbedaan dan kesederajatan. Kajian ini pada akhirnya setelah keterampilan sosial dan kompetensi sosial dikembangkan pada mata pelajaran IPS maka perilaku sosial dan tanggung jawab sosial pada diri siswa dapat terbentuk dengan baik.

Published
2020-12-04
How to Cite
MUSLIM, Muslim. Peran Pendidikan IPS Dalam Pembentukan Perilaku Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Era Abad 21. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 83-90, dec. 2020. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/social-pedagogy/article/view/2745>. Date accessed: 16 apr. 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.